Kamis , Juni 24 2021

Pengadaan tanah untuk pembangunan tol Jambi-Rengat mulai disosialisasikan

Sosialisasi pengadaan tanah untuk jalan tol Jambi-Rengat di Indragiri Hilir.

Tembilahan (Riaunews.com) – Awal rangkaian kegiatan pemberitahuan langsung (sosialisasi) pengadaan tanah untuk pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Jambi-Rengat yang dilaksanakan oleh Tim Persiapan Pengadaan Tanah Provisi Riau di Desa Limau Manis Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan masyarakat Desa Lubuk Besar, Kemuning Tua, Kemuning Muda dan Limau Manis Kecamatan Kemuning yang berdasarkan Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT) terindikasi kena rencana trase tol tersebut.

Baca: Penyelesaian tol Pekanbaru-Dumai masih terganjal 12 permasalahan

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir yang diwakili oleh Camat Kemuning Drs. Azwirsyah, MH. Dalam sambutannya, Azwir menyampaikan dukungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir terhadap persiapan pengadaan tanah yang telah dimulai dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, sebagaimana yang pernah disampai Bapak Bupati pada rapat di Pekanbaru, Inhil sangat mendukung, Kemuning tentunya juga demikian, sangat mendukung. Hari ini kami juga hadirkan lengkap, ada Forkopincam, ada tokoh masyarakat dan para Kepala Desa,” tegas Azwir.

Sementara itu, materi sosialisasi pertama disampaikan oleh Ketua Tim Persiapan Pengadaan Tanah Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabid Pertanahan dan Penataan Ruang Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau Iwan Suryawan, S.Sos, M.IP.

Disampaikannya, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sesuai amanat Perpres 71 Tahun 2012 yang mengatur tentang tugas-tugas tim persiapan pengadaan tanah.

“Pembangunan tol Jambi-Rengat ini tentu membawa konsekuensi pada ketersediaan tanah sebagai objek pembangunan. Sesuai Perpres 71 tahun 2012, tim persiapan pengadaan tanah harus melaksanakan sosialisasi langsung kepada bapak ibu agar nantinya tidak terjadi kesimpangsiuran informasi. Hari ini kami menyampaikan bahwa pembangunan jalan tol Rengat-Jambi ini tentu perlu dukungan dari bapak ibu semua, kita semua” ungkap Iwan Suryawan.

Baca: Dilaporkan HK, Syamsuar sebut tol Pekanbaru-Permai alami kerusakan

Pendataan Awal Lokasi dilakukan untuk mendapatkan kepastian data-data (nama-nama pemilik lahan/tanah) yang termasuk/terkena dalam ruas Tol Jambi-Rengat tersebut.

Hadir dan turut menyampaikan sosialisasi diantaranya Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau Lucy Novianti, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Jambi-Rengat Jimmy Sianipar dan perwakilan PT. Hutama Karya Jalan Tol Fauzie Aditya.

Sementara itu, Koordinator Sekretariat Tim Persiapan Pengadaan Tanah Provinsi Riau Matnuril menerangkan bahwa rangkaian kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan secara maraton di dua Kabupaten, yakni Inhil-Inhu, yang meliputi lima kecamatan, yaitu Kemuning, Keritang, Batang Gansal, Siberida dan Rengat Barat, serta melintasi sekitar 18 Desa.***

 

Sumber: MCR

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: