Sadio Mane bawa Liverpool permalukan Chelsea di Stamford Bridge

Selebrasi Sadio Mane usai cetak gol ke gawang Chelsea. (Foto: Liverpool FC Twitter)

London (Riaunews.com) – Liverpool menang 2-0 atas tuan rumah Chelsea dalam laga Liga Premier Inggris pekan kedua, Ahad (20/9/2020) di Stadion Stamford Bridge, London. Kedua gol kemenangan Liverpool dilesakkan Sadio Mane.

Chelsea harus bermain dengan 10 orang setelah di pengujung babak pertama bek Andreas Christensen diusir wasit.

Baca: Hajar Chelsea 5-3, Liverpool angkat trofi Premier League di Anfield

Berkat kemenangan ini Liverpool kini berada di posisi ketiga dengan nilai enam.

Saat ini empat tim teratas Premier League yakni Everton, Arsenal, Liverpool, dan Crystal Palace memiliki poin sama yakni enam, namun dibedakan selisih gol dan agresifitas.

Sementara bagi Chelsea, kekalahan ini membuat mereka bertengger di posisi ke-10 dengan koleksi tiga poin.

Upaya pertama untuk menjebol gawang lawan didapat Liverpool pada menit ke-12. Georginio Wijnaldum melepaskan tendangan kaki kanan setelah mendapat operan dari Mohames Salah. Namun bola hasil eksekusi pemain Belanda ini melenceng ke kiri.

Pada menit ke-19, Mohamed Salah membuat peluang. Setelah mendapatkan umpan dari Roberto Firmino, pemain Mesir ini mengeksekusi bola setelah dengan kaki kiri. Namun Chelsea menggagalkan peluang tersebut.

Chelsea baru mendapat peluang pada menit ke-32. Timo Werner menendang bola dengan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun bola hasil eksekusinya melenceng ke kanan gawang.

Pada menit ke-44, terjadi pelanggaran yang dilakukan bek Chelsea, Andreas Christensen, terhadap Sadio Mane. Wasit Paul Tierney meminta bantuan VAR untuk mempertimbangkan apakah Andreas Christensen harus diganjar kartu merah.

Baca: Liverpool resmi dapatkan Thiago Alcantara

Akhirnya Andreas harus meninggalkan lapangan setelah wasit memutuskan memberinya kartu merah.

Memasuki babak kedua, unggul jumlah pemain membuat Liverpool kian leluasa menguasai permainan. Upaya mereka menggempur pertahanan Chelsea membuahkan hasil pada menit ke-50.

Gol berawal dari aksi Roberto Firmino. Pemain asal Brasil ini melepaskan umpan ke depan gawang yang kemudian ditanduk oleh Sadio Mane dan membuat kiper Chelsea, Kepa tak berdaya.

Liverpool hanya butuh empat menit untuk menggandakan keunggulan. Gol kedua tim Merseyside ini kembali dicetak Sadio Mane.

Pemain asal Senegal ini membobol gawang Chelsea untuk kedua kalinya setelah melepaskan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti. Bola yang mengarah ke pojok kanan bawah kembali membuat kiper Chelsea, Kepa, kembali harus menyaksikan bola bersarang di gawangnya.

Pada menit ke-64, Liverpool melakukan pergantian kedua dengan memasukkan James Milner menggantikan Naby Keita.

Pada menit ke-73, Chelsea sebenarnya mendapat peluang emas memperkecil ketinggalan. Wasit menghadiahkan tendangan penalti untuk tuan rumah setelah Thiago Alcantara melanggar Timo Werner di kotak terlarang.

Baca: Liverpool susah payah taklukkan klub promosi, Leeds United 4-3

Wasit sempat meminta bantuan VAR untuk memastikan apakah pelanggaran itu layak diganjar penalti. Setelah VAR menunjukkan bahwa itu penalti, Chelsea menunjuk Jorginho menjadi algojo.

Namun eksekusi pemain Italia kelahiran Brasil itu gagal membuahkan gol. Tendangan kaki kanannya berhasil dipatahkan kiper Alisson. Skor pun tetap 0-2 untuk keunggulan Liverpool.

Hingga peluit panjang tanda pertandingan usai skor tetap 2-0 untuk keunggulan Liverpool.

Susunan pemain:

Chelsea (4-3-3): 1 Kepa; 24 Reece James, 4 Andreas Christensen, 15 Kurt Zouma, 3 Marcos Alonso; 7 N’Golo Kanté, 5 Jorginho (8 Ross Barkley 79), 17 Mateo Kovacic (9 Tammy Abraham 79); 19 Mason Mount, 29 Kai Havertz (14 Fikayo Tomori 46), 11 Timo Werner.

Liverpool (4-3-3):1 Alisson; 66 Trent Alexander-Arnold, 3 Fabinho,4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 8 Naby Keita (7 James Milner 64), 14 Jordan Henderson (6 Thiago Alcántara 45), 5 Georginio Wijnaldum; 11 Mohamed Salah, 9 Roberto Firmino (18 Takumi Minamino 86), 10 Sadio Mane.***

Tinggalkan Balasan