Softex Indonesia diakuisisi perusahaan AS 1,2 miliar dolar

Jakarta (Riaunews.com) – Kimberly-Clark Corporation, pionir produk konsumen global yang berkantor pusat di Texas, Amerika Serikat, mengumumkan untuk meng-akuisisi Softex Indonesia.

Akuisisi tersebut dilakukan dengan nilai transaksi tunai senilai 1,2 miliar dolar AS dari sekelompok pemegang saham termasuk CVC Capital Partners Asia Pacific IV.

“Transaksi ini menunjukkan keselarasan strategi yang sejalan dengan komitmen kami untuk mempercepat pertumbuhan di pasar negara berkembang,” tutur Chairman dan CEO Kimberly-Clark Mike Hsu dalam keterangan resmi, Jumat (4/9/2020).

Baca: TikTok rela lakukan apapun demi bertahan di AS

Hsu menuturkan bergabungnya Softex Indonesia dengan keluarga Kimberly-Clark akan meningkatkan prospek pertumbuhan bisnis perusahaannya dan membantu meningkatkan nilai jangka panjang bagi pemegang saham.

Menurutnya, Indonesia merupakan pasar besar yang saat ini sedang berkembang dan mempunyai potensi sebagai pusat ekspor di Asia Tenggara.

Transaksi ini juga diyakini akan meningkatkan posisi Kimberly-Clark, yang masih terbatas di Indonesia, menjadi perusahaan dengan pangsa pasar yang kuat dalam kategori produk konsumen perawatan pribadi khusus wanita, terutama di Asia Tenggara.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Bisnis Konsumen Kimberly-Clark di Asia-Pasifik Aaron Powell mengatakan pasar popok Indonesia yang saat ini diperkirakan mencapai US$1,6 miliar, menjadikan negara ini sebagai pasar popok terbesar ke-enam di dunia.

Sekitar 80 persen penjualan Softex Indonesia berasal dari penjualan popok, di mana Softex Indonesia menempati posisi nomor dua melalui brand Sweety® dan Happy Nappy® dan akan terus memperkuat kehadirannya di pasar Indonesia.

Baca: Kenali produk Unilever yang saat ini mendukung LGBT

Selebihnya, sebagian besar penjualan Softex Indonesia berasal dari kategori produk perawatan wanita dan perawatan khusus dewasa.

“Softex Indonesia telah membangun bisnis yang kuat, selalu berkembang dengan portofolio brand yang menguntungkan dan disukai oleh konsumen Indonesia,” ujar Powell.

Direktur Utama PT Softex Indonesia Hendra Setiawan mengaku senang Softex Indonesia menjadi bagian dari Kimberly-Clark Corporation yang telah hadir di lebih dari 175 negara.

“Softex Indonesia akan terus menghadirkan produk-produknya yang sukses dan unggul di Indonesia, sekaligus terus mengakselerasi pertumbuhan perusahaan dengan memanfaatkan keahlian global dan kemampuan inovasi Kimberly-Clark,” tandasnya.***

 

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: