Sukmawati Soekarnoputri sebut PKI dulu berideologi Pancasila

sukmawati soekarnoputri
Sukmawati Soekarnoputri.

Jakarta (Riaunews.com) – Putri Presiden pertama Indonesia, Sukarno, yakni Sukmawati Soekarnoputri, mengatakan, berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari tokoh Partai Nasional Indonesia (PNI) bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) tak menolak ideologi Pancasila. Bahkan, ia menyebut PKI dulu juga menganut ideologi Pancasila.

Baca: Ruangguru disomasi karena dinilai berupaya kaburkan sejarah G30S/PKI

“Menurut senior tokoh PNI yang memberikan info atau ilmu, mereka mengatakan PKI tak menolak Pancasila. PKI ideologi apa sih? Ideologinya Pancasila. Itu dari tokoh senior yang sudah tak ada. Jadi kenapa jadi masalah,” ujar Sukmawati dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, Selasa (29/9/2020).

Ia pun meyakini jika saat ini paham komunisme sudah tak ada lagi secara organisasi. Namun, Sukmawati mengaku bisa saja ada kader komunisme bawah tanah atau underground masih hidup.

Meskipun begitu, ia tak mengetahui apakah kader komunisme bawah tanah tersebut masih menyetujui senior terdahulunya dengan ideologi Pancasila atau tidak.

“Kalau secara kader komunis yang underground setuju Pancasila seperti senior yang sudah ada atau bercita-cita komunisme ala Uni Soviet dan RRC,” katanya.

Baca: KAMI jelaskan pola PKI gaya baru yang muncul saat ini

Jikalau pun masih ada kader komunisme bawah tanah, Sukmawati menyebut hal tersebut tak akan pernah berhasil dan bangkit. Hal itu disebabkan karena tata negara Indonesia bukan kaisar dan feodalisme.

“Jadi kalau ideologi underground bisa saja masih hidup seperti bercita-cita negara Islam kan masih ada. HTI dibubarkan tinggal ganti seragam,” katanya.***

Tinggalkan Balasan