Tak hanya Tampan, PSBM Pekanbaru kini diperluas ke tiga kecamatan

Wali Kota Firdaus jelaskan PSBM Pekanbaru
Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyebut PSBM kini diperluas ke tiga kecamatan.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kecamatan Tampan diperpanjang. Tiga kecamatan lain, yakni Marpoyan Damai, Bukit Raya dan Payung Sekaki juga diberlakukan PSBM.

“Dari evaluasi tadi, kita berkesimpulan dan menerapkan bahwa PSBM Kecamatan Tampan ini kita lanjutkan untuk tahap II, mulai besok. Kemudian didukung oleh tiga kecamatan, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, dan Bukit Raya,” kata Wali kota Pekanbaru Firdaus, Selasa (29/9/2020).

Baca: Selama PSBM dua jalan utama di Kecamatan Tampan Pekanbaru disekat

Wali kota mengatakan, perpanjangan ini setelah evaluasi oleh tim Satgas Covid-19. Hasil evaluasi, diketahui tingkat kesadaran masyarakat masih rendah.

“Masih tergambar secara nyata, tingkat kesadaran masyarakat masih sangat rendah, walaupun kita sudah enam bulan (Pandemi). Dan bahkan tingkat kepeduliannya masih sangat rendah,” jelasnya, dikutip MCR.

Wali kota juga mengungkap, angka penyebaran Covid-19 di Kecamatan Tampan lebih dari 250 kasus dalam 13 hari. Secara umum, kata dia, penyebaran sudah turun.

“Tapi belum sesuai yang diharapkan. Masih rendah (penurunan),” jelasnya.

Wali kota mengajak agar mempertegas memutus mata rantai Covid-19. Caranya bekerjasama antara pemerintah dengan semua komponen masyarakat.

“Apa yang menjadi tanggungjawab pemerintah, pemerintah tugasnya 3T yakni tes artinya baik tes kontak maupun tes massal, Treatment, dan Tracking,” kata Walikota.

Baca: PSBM Kecamatan Tampan diberlakukan besok, ini yang harus dilakukan masyarakat

Sementara masyarakat juga wajib menerapkan 4M. Yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari tempat kerumunan.

“Laporan evaluasi ini kita sampaikan ke satuan tugas Covid-19 Provinsi Riau dan diteruskan ke satgas Covid-19 Nasional,” sebutnya.***

Tinggalkan Balasan