Kamis , Desember 2 2021

52 truk ODOL dipaksa putar balik saat hendak masuki tol Pekanbaru-Dumai

Truk ODOL dilarang masuk tol Pekanbaru-Dumai
Sejumlah truk ODOL dilarang masuk tol Pekanbaru-Dumai dan dipaksa putar balik. (Foto: Haluan Riau)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Sebanyak 52 truk yang dimensi dan muatannya berlebih alias truk ODOL (Over Dimension Over Load), terpaksa putar balik saat hendak menggunakan ruas tol Pekanbaru-Dumai (Permai).

Dalam peraturannya, truk ODOL memang tidak diperbolehkan masuk ke jalan tol oleh pengelola jalan tol Permai, yakni PT Hutama Karya (Persero).

Baca: Sejumlah kendaraan ditilang di Tol Pekanbaru-Dumai karena lebihi kecepatan

Koordinator lapangan, dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan, Bambang, mengatakan, hari pertama razia truk ODOL dilaksanakan dua kali yakni pada pagi dan sore hari.

“Kegiatan razia dimulai pagi jam 07.30. WIB. Di mana pada pagi tersebut sebanyak 15 kendaraan diputar balik. Sedangkan pada sore hari yang terjaring lebih banyak, yakni sebanyak 37 truk ODOL,” kata Bambang.

Razia dilaksanakan bersama HK dan Dishub Provinsi, POM AU, POM AD, serta Ditlantas Polda Riau.

Melansir Cakaplah, sebelumnya Branch Manajer tol Permai, Indrayana, mengatakan, pihaknya menggandeng BPTD, untuk menertibkan truk yang masuk tol. Dan selama tiga hari ini akan dilakukan sosialisasi, bagi truk ODOL yang masuk maka akan disuruh putar balik dan tidak dibenarkan masuk tol.

Baca: Antusias masyarakat jajal tol Pekanbaru-Dumai tinggi, antrian panjang tak terelakkan

“Kita melakukan operasi ODOL di ruas tol Pekanbaru-Dumai, akan kita laksanakan selama tiga hari yang hari pertama kita mengadakan sosialisasi, di hari kedua dan ketiga kita lakukan penindakan. Semenjak tol ini diresmikan sampai kemarin malam, banyak sekali kendaraan-kendaraan yang menurut pantauan kami secara kasat mata, kategorinya sudah Odol,” ujarnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: