Positif Terinveksi Virus Corona, Valentino Rossi Resmi Absen di MotoGP Teruel

Pebalap Yamaha Valentino Rossi
Pebalap Yamaha Valentino Rossi.

Aragon (Riaunews.com) – Yamaha resmi tidak mengganti Valentino Rossi dengan pembalap lain pada ajang MotoGP Teruel, pekan depan.

Rossi sudah dipastikan absen pada MotoGP Aragon usai dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Namun, kabar terbaru The Doctor juga pasti absen di MotoGP Teruel yang juga akan berlangsung di Sirkuit Mortorland Aragon.

Baca: Fabio Quartararo menang, Rossi gagal finish di MotoGP Catalunya

“Monster Energy Yamaha telah memutuskan tidak menempatkan pembalap pengganti untuk menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Teruel,” bunyi pernyataan resmi Yamaha.

Rossi absen karena berkaitan dengan protokol pencegahan virus corona di Italia. Sesuai aturan pemerintah, setiap orang yang positif terinfeksi Covid-19 wajib menjalani isolasi mandiri selama 10 hari.

Rossi sendiri dinyatakan positif virus corona pada Kamis (15/10) waktu setempat. Dengan demikian, masa isolasi mandiri Rossi baru akan berakhir pada 25 Oktober.

Sebelum kembali beraktivitas normal, Rossi harus melakukan tes PCR lagi dan dinyatakan negatif. Hal ini berarti Rossi baru bisa kembali balapan pada MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, 6-8 November mendatang.

Keputusan untuk tidak mencari pengganti Rossi juga dilakukan untuk mengurangi tingkat stres anggota tim Yamaha di tengah pandemi Covid-19.

Baca: Rossi dan alumnus Akademi VR46 ketiban sial di Emilia Romagna

Keputusan ini diambil Yamaha sejalan peraturan yang tertuang regulasi FIM World Championship Grand Prix pasal 1.11.3.ii yang menyatakan bahwa:

“Setiap tim harus melakukan segala upaya yang wajar untuk menyediakan pembalap pengganti yang memenuhi kualifikasi untuk memenuhi kewajiban 10 hari setelah penarikan.”

Dalam kasus Rossi, pihak Yamaha telah secara resmi melakukan komunikasi dengan IRTA pada 16 Oktober. Hal ini berarti batas waktu 10 hari akan tercapai pada Senin 26 Oktober, satu hari setelah hari balapan sebenarnya di MotoGP Teruel.

Dengan demikian Yamaha tidak harus mencari pengganti Rossi di MotoGP Teruel karena memenuhi batas waktu sepuluh hari.

Baca: MotoGP San Marino jadi milik lulusan VR46 Academy, sayangnya tidak bagi Valentino Rossi

Kepastian ini membuat Yamaha hanya akan diperkuat Maverick Vinales di dua balapan terdekat. Pembalap asal Spanyol itu akan mengusung bendera Monster Energy di MotoGP Aragon dan MotoGP Teruel.***

Tinggalkan Balasan