Taman Nasional Komodo Ditutup selama Pembangunan ‘Jurassic Park’

Jurassic Park
Pemerintah membangun ‘Jurassic Park’ di Pulau Rinca demi kenyamanan wisatawan yang ingin melihat komodo dari dekat.

Kendari (Riaunews.com) – Balai Taman Nasional Komodo Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menutup resort Loh Buaya di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT) per 26 Oktober hingga 30 Juni 2021.

Penutupan tersebut berdasarkan surat keputusan dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang nomor PG.816/T.17/EVLP/10/2020 pada 25 Oktober 2020.

Baca: UNESCO Diminta Surati Jokowi Hentikan Proyek ‘Jurassic Park’ NTT

“Menutup sementara resort Loh Buaya, SPTN Wilayah I Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo,” tulis Lukita Awang dalam surat terkonfirmasi, Senin (26/10/2020).

Dilansir Tirto.id, namun, Lukita tak menjawab apakah penutupan ini berkaitan dengan foto Komodo mengadang truk proyek yang viral di media sosial. Ia mengklaim penutupan mempertimbangkan proses pembangunan sarana-prasarana dan demi keamanan wisatawan di Loh Buaya.

Menurut Lukita, pembangunan di resort Loh Buaya akan meliputi dermaga, pusat informasi wisatawan, jalan jerambah, dan penginapan ranger. Pulau Rinca merupakan lokasi satwa Komodo beranak pinak, yang akan disulap pemerintah menjadi Jurassic Park.

Ia mengklaim pembangunan akan tetap “mengutamakan keselamatan satwa komodo.”

Sebagai gantinya, Lukita akan mengoptimalkan aktivitas wisata di Resort Loh Liang yang berada dalam STPN Wilayah II Pulau Komodo dan resort Pasar Selatan di STPN Wilayah III Pulau Padar.

“Penutupan sementara ini akan dievaluasi berkala dengan memperhatikan perkembangan pembangunan sapras wisata alam di Resort Loh Buaya, STPN Wilayah I Pulau Rinca,” ujarnya.

Sebelum terbitnya surat penutupan, beredar gambar aktivitas proyek pembangunan di Pulau Komodo Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca: Ada Jejak Luhut Binsar Panjaitan pada Proyek ‘Jurassic Park’ di Pulau Rinca

Gambar tersebut pertama kali diunggah di twitter oleh akun @KawanBaikKomodo pada Jumat (23/10/2020) malam yang memperlihatkan kegiatan pembangunan di taman nasional yang ditetapkan sejak 1980 untuk melindungi satwa Komodo atau Varanus Komodoensis.

Dalam foto itu, seekor komodo tampak seperti mengadang sebuah truk pembawa material proyek yang sedang berjalan di lingkungan geopark komodo. Jarak kadal raksasa itu dengan truk hanya beberapa meter saja.

“Sedih! Komodo berhadap-hadapan dengan truk proyek bangunan Wisata Jurassic di Pulau Rinca,”cuit @KawanBaikKomodo dalam postingannya.***

Tinggalkan Balasan