Selasa , Oktober 27 2020
Home / Spesial Riau / Bengkalis / Tol Permai Membuat Daerah Wisata Pulau Rupat Jadi Lebih Dekat

Tol Permai Membuat Daerah Wisata Pulau Rupat Jadi Lebih Dekat

Pantai Pulau Rupat
Pantai di Pulau Rupat memiliki pasir putih yang indah. (Foto: Tribunnews)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Sejak diresmikan Jalan Tol Pekanbaru – Dumai (Permai), objek wisata bahari di Pulau Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, bisa menjadi pilihan bagi para pelancong dari kota Pekanbaru.

Destinasi wisata yang berpasir putih serta pesona Beting Aceh ini terasa lebih dekat, yakni mampu memangkas jarak tempuh hingga 69 km.

Baca: Kondisi Jalan di Pulau Rupat Buruk, Watua DPRD Bengkalis Ingatkan Dinas PUPR

Sebelumnya, kalau lewat Jalan Nasional jarak yang ditempuh sejauh 200 km, sedangkan bila melewati tol hanya 131 km.

“Dengan adanya jalan tol Pekanbaru-Dumai sekarang banyak orang memanfaatkan Pulau Rupat untuk wisata. Namun, jika wisatawan hendak datang tetap diimbau dengan syarat harus memperhatikan protokol kesehatan,” kata Gubernur Riau, Syamsuar, Jumat (16/10/2020) di Pekanbaru.

“Pulau Rupat memiliki pasir putih yang memesona. Kemudian, disana ada Beting Aceh yang sangat Indah. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Rupat ini bukan orang Riau saja, tapi orang Sumatera Barat juga sudah sampai ke Pulau Rupat,” terangnya.

Hanya saja, lanjut Gubri, di Pulau Rupat itu, ada sekitar jalan 10 Km yang belum selesai dibangun.

“Setahu saya, di Indonesia belum ada jalan di pulau tertuar. Hanya Riau yang pulau terluarnya ada jalan. Dan ini belum ada dukungan dari Kementerian PUPR, maka saat pak Menteri PUPR kunjungan ke Riau, kami berharap adanya sentuhan infrastruktur dari pusat,” ungkapnya.

Untuk menuju Pulau Rupat utara, atau Beting Aceh, dari kota Dumai wisatawan bisa memilih jalur transportasi laut dan darat.

Baca: Investor Singapura bakal jadikan Rupat Utara resort kelas dunia

Bila memilih melalui jalur laut speed boat yang melayani penumpang mematok tarif, 105 ribu rupiah. Keberangkatannya, pada pukul 09.00 WIB dan 15.00 WIB dari pelabuhan Petak Panjang, Kota Dumai menuju pelabuhan Tanjung Medang di Rupat utara, menghabiskan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Jika memilih jalur darat, wisatawan bisa mengendarai kendaraannya menyeberangi Selat Dumai, menggunakan Kapal RoRo (Dumai-Rupat). Namun, jalan menuju objek wisata ke Pulau Rupat Utara saat ini masih banyak yang rusak.***

Tinggalkan Balasan