Selasa , Oktober 27 2020
Home / Entertainment / Tomita Kosei, pengisi suara pertama Doraemon meninggal

Tomita Kosei, pengisi suara pertama Doraemon meninggal

Tomita Kosei pengisi suara Doraemon
Tomita Kosei pengisi suara Doraemon meninggal pada 27 September 2020.

Tokyo (Riaunews.com) – Pengisi suara orisinal karakter Doraemon, Tomita Kosei meninggal pada usia 84 tahun. Ia tutup usia pada Ahad(27/9/2020) pekan lalu setelah mengidap stroke.

Sebagaimana dilansir Channel News Asia, kabar duka itu dikonfirmasi oleh agensi Kosei. Namun agensi tersebut tidak memberikan keterangan lebih rinci.

Baca: Nurhasanah, pengisi suara Doraemon meninggal dunia

“Teman kami Tomita Kosei meninggal dunia (pada usia 84 tahun) pada 27 September pada tahun kedua Reiwa (era setelah kaisar baru Jepang) karena stroke,” demikian pernyataan resmi agensi.

Kosei merupakan pengisi suara pertama karakter Doraemon, kucing dari masa depan yang memiliki kantung ajaib. Ia pertama kali mengisi suara Doraemon pada 1973 silam.

Tomita Kosei hanya mengisi suara Doraemon untuk 13 episode hingga kemudian digantikan Masako Nozawa. Kala itu, banyak penggemar Doraemon yang murka karena kadung menyukai Kosei.

Aktor asal Tokyo ini kembali mengisi suara Doraemon. Namun kali ini untuk film bertajuk Doraemon: Nobita and the Castle of the Undersea Devil yang dirilis 1983 silam.

Baca: Innalillah, Mpok Omas meninggal dunia

Ia lagi-lagi mengisi suara Doraemon pada film Doraemon: Nobita’s Great Adventure in the South Seas (1998). Film ini menjadi yang terakhir kali baginya untuk mengisi suara Doraemon.

Melansir CNN, selain Doraemon, Kosei juga mengisi suara sejumlah karakter anime. Beberapa di antaranya adalah Astro Boy, Detective conan dan film Hollywood bertajuk Kung Fu Panda.***

Tinggalkan Balasan