Bangun Karakter dan Keakraban Mahasiswa Baru, Himabio FMIPA UNRI Gelar BFT XIV Secara Online

Kegiatan pengkaderan mahasiswa baru yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda demi terlaksananya tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk membangun karakter sekaligus menjalin keakraban dengan senior dan alumni.

Pekanbaru (RiauNews.com) –  Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau mengadakan kegiatan Biology Fun Together (BFT) dalam jaringan melalui Zoom Cloud Meeting. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (22/11/20). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) menegaskan bahwa kegiatan pendidikan terutama pada tingkat  universitas tidak boleh dilakukan secara tatap muka tetapi hanya boleh dilakukan dalam jaringan (daring) ditengah wabah pandemi virus corona ini.

Kegiatan Biology Fun Together (BFT) XIV ini merupakan kegiatan yang ditaja oleh Dinas Kaderisasi HIMABIO FMIPA UNRI dengan mengangkat tema “Meningkatkan Solidaritas untuk Menciptakan Biologi Berintegritas” dan berlangsung selama satu hari.

Mengetahui pentingnya acara ini untuk dilaksanakan demi membentuk karakter dan menjalin keakraban mahasiswa baru Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau, panitia pelaksana telah menyiapkan rancangan kegiatan dengan semenarik mungkin yang dilengkapi dengan talkshow motivasi akademis agar nantinya dapat dikenang oleh mahasiswa baru dan mereka dapat mengetahui bagaimana prospek kerja juga hangatnya kekeluargaan di Jurusan Biologi ini.

Dalam kata sambutannya sekaligus pembukaan acara Biology Fun Together (BFT) XIII oleh Ibu Dr.Rr.Sri Catur Setyawatiningsih,M.Si. “Ada tujuh sifat yang akan menghindarkan kita dari kehidupan yang tidak baik yakin diantaranya amanah, ramah, iman, adil, humanis dan harmonis. Apabila sifat tersebut dapat terealisasikan pada diri seorang mahasiswa maka dia akan menjadi mahasiswa yang disegani dan dihormati. Pekerjaan dapat kemana saja tetapi hal yang terpenting adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri karena sebenarnya nilai yang tinggi bukanlah suatu kesempurnaan tetapi kita juga harus mampu menampilkan versi terbaik oleh diri kita agar dapat memiliki nilai dedikasi yang berbeda,” tutur beliau memotivasi.

“Rancangan kegiatan Biology Fun Together (BFT) XIII yang berbeda tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan yang sangat menarik dan memotivasi untuk mahasiswa baru yang tentunya akan membuat mereka mengenal bagaimana Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau. Walaupun harus dilakukan secara online, kami berharap kegiatan ini dapat dikenang serta teman-teman semua dapat berproses dengan baik di Biologi, ” ujar Muhammad Albir sebagai bupati mahasiswa HIMABIO FMIPA UNRI.

Riski yang juga sebagai Ketua Pelaksana Biology Fun Together (BFT) XIII Jurusan Biologi Universitas Riau juga berharap agar nantinya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa baru serta tidak menjadi penghalang tentunya dalam menjalin keakraban dengan senior dan alumni meskipun kegiatan ini dilaksanakan pada kondisi wabah pandemi virus corona ini.

Pada kegiatan ini mahasiswa baru di perkenalkan dengan dosen, alumni dan juga senior, pada acara mahasiswa baru juga di ajarkan bagaimana cara bertindak bersikap dan berperilaku sebagaimana mahasiswa yang memiliki karakter cerdas, teliti, tangguh sebagai seorang sarjana biologi. Jadi, kegiatan Biology Fun Together (BFT) ini bukan hanya sekedar pengkaderan dan meningkatkan solidaritas namun juga memberikan pembelajaran yang lebih dari pada itu mengenai pembentukan karakter yang berisi motivasi dan kiat-kiat menjadi seorang mahasiswa yang berintegritas dan berdedikasi tinggi.

(RILIS)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: