Massa Desak Pemerintah Usir Dubes Perancis

 massa aksi 211 Bela Nabi Muhammad
Berbagai spanduk kecaman terhadap Presiden Prancis yang dibawa massa aksi 211 Bela Nabi Muhammad di sekitar Kedubes Prancis, Jakarta. (Foto: CNN Indonesia)

Jakarta (Riaunews.com) – Massa Aksi Bela Nabi Muhammad atau Aksi 211 meminta pemerintah mengusir Duta Besar Prancis dari Indonesia dalam demonstrasi yang digelar di sekitar Kedutaan Besar Prancis, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020).

Tuntutan itu dikeluarkan imbas pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron belakangan ini yang dinilai telah menista agama Islam dan Nabi Muhammad.

Baca: Khabib Unggah Foto Cap Tapak Sepatu di Wajah Macron

“Kita juga minta segera usir Dubes Prancis dari Indonesia,” kata orator dari atas mobil komando, dilansir CNN Indonesia.

“Usir?” tanya orator.

“Usir,” jawab massa aksi serempak.

Setelah itu, baik orator dan massa aksi bernyanyi serempak dengan lirik menuntut Dubes Prancis diusir dari Indonesia.

“Usir-usir, usir Dubes Prancis, usir Dubes Prancis sekarang juga,” kata massa aksi.

Tak hanya seruan pengusiran Duta Besar Prancis, Menantu Imam Besar FPI, Hanif Alatas juga menyerukan untuk memboikot produk-produk Prancis yang beredar di Indonesia. Hanif berpandangan banyak kepala negara di dunia sudah banyak yang menyerukan untuk memboikot produk Prancis.

“Turki sudah memboikot. Kita boikot ga? Setuju Boikot?” kata Hanif.

Baca: PA 212 Akan Kerahkan Ratusan Ribu Massa Akan Kepung Kedubes Perancis Pada 2 November

“Setuju,” sambut massa aksi.

Massa aksi juga banyak yang membawa poster-poster berisi seruan untuk memboikot produk Prancis. Di antaranya berisikan tulisan ‘Boycott French Product, France The Real State Terrorism’ dengan gambar karikatur Macron.

Demonstrasi kali ini dimotori sejumlah ormas Islam, seperti PA 212, GNPF Ulama hingga Front Pembela Islam (FPI). Aksi 211 sudah dimulai pukul 13.00 WIB dengan pusat aksi di sekitar Kedutaan Prancis, Jakarta Pusat.

Tinggalkan Balasan