Pengangkutan Sampah Kota Pekanbaru Kembali Ditenderkan

Tumpukan sampah
Tumpukan masih terlihat di Jalan Soekarno-Hatta Pekanbaru, tepatnya di Arengka Atas, karena kurangnya kesadaran warga.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru kembali akan dilelang.

Kepala Dinas LHK Pekanbaru Agus Pramono menyebutkan lelang diharapkan bisa tuntas akhir tahun ini juga, sehingga begitu memasuki 2021 pihak rekanan bisa langsung bekerja.

“Kita targetkan akhir tahun lelang sudah selesai, sehingga awal 2021 pemenang tender bisa langsung melakukan pekerjaan,” ucapnya, Rabu (4/11/2020).

Dijelaskan Agus, Pemko memutuskan untuk kembali mempercayakan pengangkutan sampah pada pihak ketiga dengan berbagai pertimbangan. Misalnya, kendaraan pengangkutan sampah yang dimiliki Pemko terbatas serta personel yang tidak mencukupi.

Baca: Rachland Nashidik ke Ngabalin: Andalah sampah otoriterisme!

“Sementara jika diserahkan kepada pihak ketiga, otomatis persoalan kendaraan dan personel langsung ditangani oleh pihak swasta tersebut,” kata dia.

Untuk diketahui, pelayanan pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru kini dibagi menjadi tiga zona, yaitu Zona 1, Zona 2, dan Zona 3. Zona 1 meliputi tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki, dan Kecamatan Marpoyan Damai.

Zona 2 meliputi Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Limapuluh, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Sail, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Sukajadi dan Kecamatan Tenayan Raya, serta Zona 3 meliputi Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir.

Tahun ini ada dua perusahaan swasta yang digandeng Pemerintah Kota Pekanbaru untuk pengangkutan sampah di antaranya PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: