Polda Riau Gelar Police Expo, Tampilkan Peralatan Canggih yang Dimiliki

Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi
Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi saat memberikan sambutan dalam acara Police Expo di Mako Sat Brimob Pekanbaru.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Kepolisian Daerah (Polda) Riau menggelar Police Expo dengan menampilkan peralatan canggih yang dimiliki oleh Polda Riau dalam mendukung pengungkapan tindak kejahatan.

Kegiatan dipusatkan di Markas Komando Sat Brimob Polda Riau di Jalan KH Ahmad Dahlan Pekanbaru, mulai Kamis (5/11/2020).

Baca: Jadi Kurir Narkoba, Kapolda Riau: Kompol IZ Bukan Polisi Lagi, Tapi Pengkhianat Bangsa

Dalam acara tersebut, ditampilkan sejumlah peralatan yang dioperasionalkan baik oleh Laboratorium Forensik Cabang Pekanbaru, direktorat Kriminal Umum, direktorat Reserse Narkoba hingga peralatan canggih yang dimiliki oleh Satuan Brigade Mobile Polda Riau.

Dalam penjelasannya, Ipda Edwin dari Labfor Cabang Pekanbaru merincikan keginaan peralatan yang digelar seerti Video Spectral Comparator “REGULA” portabel dan Dynolyte yang dipergunakan untuk memeriksa Barang Bukti dokumen, uang palsu, anak peluru, selongsong peluru.

Juga sambung Edwin, Universal Forensic Evidence Device yang dipergunakan dapat memeriksa barang bukti seperti Hand phone, Komputer, Laptop. Ada juga Multy Mode Threat Detector untuk identifikasi bahan peledak, Vehicles Identificarion Number, untuk riksa pemalsuan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan bermotor, Trunarch untuk memeriksa barang bukti Narkoba, Fourier Transform Infra Red RAMAN yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan barang bukti bahan peledak.

Sedangkan peralatan yang dipamerkan oleh direktorat krimum dan narkoba berupa IPS sebagai pelacak data dan identitas seseorang, Mambis yang mampu memindai retina mata sehingga mempercepat proses identifikasi data diri.

Turut ditampilkan peralatan Indejah, Digitalisasi AK 23, drone dan peralatan pengambil dokumen visual.

Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi dalam sambutannya menyatakan optimisnya dalam memberantas narkoba dengan bekerjasama serta semangat yang terus membara.

Baca: GEMPUR Nilai Janggal Sosialisasi UU Cipta Kerja Oleh Kapolda Riau di Bengkalis

“Hari ini kita sedang memikirkan sesuatu yang penting bagi hidup kita, bahwa narkoba adalah masalah kita semua. Bandar-bandar sedang mendengar pernyataan saya ini, saya akan terus kejar sampai kelubamg manapun mereka bersembunyi,” janji Irjen Agung.

Selain itu, Agung juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Riau, yang telah ikut andil mendukung pihak kepolisian dengan ketaatan dalam membayar pajak.

“Bahwa alat ini adalah andil pajak yang dibayar oleh masyarakat, maka dari itu alat-alat akan saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kami akan gunakan pelaratan yang diberikan masyarakat untuk ingin melindungi Riau dari segala tindakan kejahatan,” tegasnya.***

Tinggalkan Balasan