Minggu , Oktober 17 2021

Resensi Buku : Perjuangan Hidup Dalam Meraih Pendidikan

Cover Novel “Selembar itu Berarti” karya Suryaman Amipriono

Identitas Buku

Judul buku : Selembar itu Berarti
Penulis : Suryaman Amipriono
Editor : M. Umamah
Penata Letak : Julianputera
Desainer sampul : Natarupa
Penerbit : Literatur Media Sukses
Tahun terbit : Cetakan pertama, 2019
Harga buku : Rp 70.000,00
Tebal halaman : iv +186 halaman
Ukuran halaman : 14 x 20 cm
ISBN : 978-979-39-1661-3

Prolog

Novel yang berjudul “Selembar itu Berarti” merupakan sebuah kisah yang diangkat dari sebuah film karya sutradara Dedy Arliansyah Siregar. Film ini begitu sukses setelah mendapat dua kali penghargaan dari Museum Rekor Indonesia(MURI). Selain menjabat sebagai sutradara , Dedy Arliansyah Siregar berhasil menjalani 18 jabatan lain dengan baik di antaranya; sebagai penulis skenario,kameraman ,editor, casting , penata artistik , penata kostum , produser pelaksana , serta jabatan lainnya. Melalui serangkaian roadshow ke puluhan kota di Sumatera dan Jawa, film Selembar itu Berarti telah disaksikan oleh lebih dari 300.000 penonton dan hampir seluruhnya merupakan guru dan siswa.Sehingga kisah dari dua anak yang memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi ini menjadi sebuah dasar suatu inspirasi penulis untuk menuangkannya dalam bentuk buku dengan harapan benih-benih inspirasi yang sudah ditabur oleh Putri dan Diaz dapat dituai dan diambil manfaatnya oleh pembaca.

Sinopsis Novel Selembar itu Berarti

Novel Selembar itu Berarti, merupakan sebuah kisah yang diangkat dari sebuah film karya sutradara Dedy Arliansyah Siregar.Film ini begitu sukses setelah mendapat dua kali penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Novel ini menceritakan tentang sebuah perjalanan yang penuh liku dua kakak beradik yang berasal dari keluarga miskin, mereka adalah Putri dan Diaz.

Mereka duduk dibangku sekolah dasar (SD) dan hidup di sebuah desa di Langkat, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yang perjalanan untuk menuju ke sekolahnya pun membutuhkan perjuangan. Lembar demi lembar kertas bekas mereka kumpulkan demi untuk menghemat biaya sekolah. Ibu mereka hanya bekerja serabutan dan sakit-sakitan,sedangkan sang ayah telah lebih dulu tiada.

Hidup Putri dan Diaz semakin berat ketika ditinggal oleh kedua orangtuanya.Mereka berdua harus menerima garis takdir yang telah ditentukan Tuhan.Selain harus berjuang untuk terus bersekolah,mereka juga harus dipaksa untuk bertahan hidup ditengah himpitan ekonomi.Kesulitan mereka dalam meraih pendidikan tidak membuat mereka menyerah sekalipun mereka setiap hari harus mengumpulkan kertas bekas agar dapat digunakan kembali untuk menulis.

Dengan semangat yang dimiliki,Putri dan Diaz berusaha keras untuk tetap melanjutkan sekolahnya,pantang menyerah,mau bekerja keras ,mandiri dan tidak ketergantungan kepada orang lain.Dengan berkat doa,usaha,dan kerja keras,keduanya mampu melewati masa -masa sulit.Mereka berhasil menyelesaikan sekolahnya dengan nilai prestasi yang membanggakan.

Pihak Sasaran
Novel Selembar itu Berarti sangatlah cocok dibaca oleh semua kalangan, karena di dalam novel ini sangat mengandung makna unsur pendidikan ,baik etika, moral,dan semangat yang maju sehingga novel ini sangat cocok untuk diteladani dan dibaca oleh semua kalangan baik itu generasi muda di Indonesia.

Kelebihan Buku

Novel Selembar itu Berarti , sangatlah cukup bagus dan menarik untuk dibaca oleh kalangan siapapun, karena banyak sekali terdapat unsur -unsur pendidikan yang terkandung dalam novel ini baik etika ,moral dan semangat untuk maju. Pada novel ini, tokoh dari Putri dan Diaz juga banyak sekali mengajarkan dan sangat menginspirasi kepada kita semua bagaimana untuk tetap selalu bersyukur dengan keadaan apapun, tetap semangat dalam meraih cita-cita,pantang menyerah dan selalu tetap optimis dalam menata masa depan.Dengan adanya latar tempat,waktu dan suasana yang ada pada novel ini para pembaca juga seolah-olah terlibat dalam cerita tersebut sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Maka dari itu novel ini sangat menciptakan benih-benih inspirasi sehingga dapat kita jadikan sebagai motivasi kita dalam meraih cita-cita dan kesadaran pentingnya pendidikan dalam kehidupan yang semakin meningkat. Selain dari itu, cover pada novel ini juga sangat menggambarkan sosok Putri dan Diaz yang pantang menyerah demi meraih pendidikan. Sehingga dari covernya saja, buku ini sangat terlihat sangat menarik untuk dibaca.

Kekurangan Buku

Dari novel ini terdapat segi tata penulisannya yang memiliki kualitas tata bahasa yang kurang efektif karena pada penulisannya terdapat kesalahan dalam penggunaan tanda baca, baik itu tanda titik, tanda koma maupun tanda baca lainnya.

Penutup

Novel ini sangatlah menginspirasi bagi banyak kalangan karena novel ini dapat memberikan banyak sekali pesan moral betapa pentingnya arti pendidikan meskipun harus dikejar dengan penuh kesulitan dan tantangan. Novel ini juga mau mengajarkan kita untuk tetap selalu bersyukur dengan apapun keadaan kita, selalu sabar, tekun, pantang menyerah, maupun selalu optimis dalam menatap masa depan supaya dapat memperjuangkan suatu pendidikan.Maka dari itu perjalanan penuh liku dari kisah dua kakak beradik ini sangat dapat menjadikan kita sebagai bekal untuk menjadi manusia-manusia yang unggul di masa depan.

 

Penulis Resensi

Stefani Lucky Hayuningtyas
Mahasiswi Universitas Sanata Dharma
Prodi Pendidikan Ekonomi Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi

Alamat :
Meka Asri Blok F 07/10
RT 003 RW 006 Mekar Bhakti – Panongan
Kabupaten Tangerang – Banten

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: