Sejumlah Pihak Nyinyiri Anies Karena Temui Habib Rizieq

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersilaturahmi dengan Habib Rizieq Shihab.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersilaturahmi dengan Habib Rizieq Shihab.

Jakarta (Rianews.com) – Kunjungan silaturahmi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Habib Rizieq Shihab para Rabu (11/11/2020) kemarin, ternyata dinyinyiri sejumlah pihak.

Pakar kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menyebut Anies Baswedan tak memberi teladan baik karena mengunjungi Pemimpin FPI tersebut karena masih karantina Covid-19.

Baca: Pengamat Nilai Pernyataan Megawati Tendensius Karena Anies Bukan Kader PDIP

Trubus khawatir pertemuan Anies dengan Rizieq jadi contoh buruk. Warga bisa jadi tak peduli akan bahaya Covid-19 karena melihat contoh dari pemimpinnya sendiri.

“Ini meremehkan Covid-19, warganya disuruh ketat, dia sendiri banyak pelanggaran. Harusnya Pak Anies memberi contoh keteladanan kepada warga,” kata Trubus saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (12/11/2020).

Komentar nyinyir juga dilontarkan Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, yang menyebut tindakan Anies Baswedan mendatangi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut merupakan tindakan yang tidak bijak di masa pandemi.

Dicky mengatakan Anies bisa dikatakan melanggar protokol kesehatan yaitu bertemu dengan orang yang baru saja bepergian dari luar negeri. Menurutnya, Habib Rizieq seharusnya membatasi pertemuan dan menjalan isolasi mandiri setibanya di Indonesia.

Baca: Anies Temui Habib Rizieq, Ustaz Tengku: Cuma Minum Teh Melepas Rindu

“Saya bicara secara keilmuan wabah, tentu ini bukan hal yang bijak ya bertemu seperti ini, ini tentunya berbahaya karena bisa ada penularan,” kata Dicky kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/11).

Ia juga menyinggung kepekaan terhadap situasi pandemi (sense of crisis) Anies yang kurang. Apalagi, menurut Dicky, Anies adalah seorang tokoh publik yang harus memberikan contoh kepada masyarakat.***

Tinggalkan Balasan