STIBA Persada Bunda jalani Asesmen Lapangan Akreditasi oleh BAN-PT

Suasana Pelaksanaaan kegiatan Asesmen Lapangan Secara Daring di STIBA Persada Bunda, Jumat (06/11/2020)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) Persada Bunda Pekanbaru menjalani asesmen lapangan secara daring terkait Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Jumat (6/11/2020).

Bertindak sebagai assesor yang diutus BAN-PT pada kegiatan tersebut adalah Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum dan Siti Wachidah, Ph.D., M.Hum. .

Ketua STIBA Persada Bunda, Diana Zuriati, menyebutkan pelaksanaan asesmen tahun ini  memang berbeda dari beberapa tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19.

“Tahun ini kegiatan dilaksanakan secara daring, sebelumnya assesor langsung melakukan visitasi lapangan. Hal tersebut merupakan implementasi pelaksanaan protokol kesehatan yang diterapkan Pemerintah,” ujar Diana.

Dijelaskan Diana,  pelaksanaan akreditasi dalam dunia pendidikan tinggi adalah pengakuan atas suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal sehingga lulusannya memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan praktek sesuai profesi berdasarkan latar belakang pendidikan.

Diana memaparkan, kegiatan asesmen tersebut berlangsung selama dua hari, 6 – 7 November 2020. “Hari Pertama ini, asesor menggali informasi yang telah dilaporkan sebelumnya secara tertulis dan disesuaikan dengan pelaksanaan di lapangan berdasarkan aktivitas yang dilaksanakan kampus.

“Intinya, pihak assesor melakukan interview terhadap seluruh tim pelaksana pendidikan tinggi STIBA Persada Bunda untuk mendapatkan kesesuaian informasi antara laporan terdahulu dengan pelaksanaan di lapangan,” ujar Diana memberi penjelasan.

Ditanya lebih lanjut terkait pencapaian standarisasi yang dibebankan BAN-PT terhadap perguruan tinggi, Diana mengatakan belum dapat memberikan gambaran karena masih dalam proses.

“Secara umum, kami telah melaksanakan standar yang dibebankan kepada perguruan tinggi, namun terkait pencapaiannya, tentu saja harus menunggu hasil dari penilaian Assesor. Lagi pula belum semua materi diperiksa oleh tim assesor karena baru hari pertama,” ungkap Diana.

Namun demikian, satu hal yang membuat Diana berbesar hati, saat tim assesor, Siti Wachidah,  menyebutkan  bahwa bidang Penjaminan Mutu STIBA Persada Bunda ternyata mendapat tempat istimewa serta memperoleh apresiasi tinggi, dan diharapkan agar terus ditingkatkan.

Saat ini berita ini ditulis, pelaksanaan asesmen masih berlangsung hingga pukul 16.30 wib.

 

 

 

Tinggalkan Balasan