Tak Hadiri Penghargaan Jokowi, Gatot Nurmantyo Unggah Pernyataan Soekarno

Gatot Nurmantyo
Presidium KAMI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Jakarta (Riaunews.com) – Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengutip pernyataan Proklamator Soekarno usai tak menghadiri pemberian Bintang Mahaputera dari Jokowi.

Gatot mengutip ini dan mempostingnya di akun Instagram, Selasa (10/11/2020). Di hari yang sama, Gatot tak hadir ke Istana Negara menghadiri pemberian Bintang Mahaputera ini.

Baca: Gatot Tolak Penghargaan dari Jokowi, PKS: Luar Biasa, Bukit Beliau Tidak Gila Kehormatan

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. Ir Soekarno,” tulis Gatot Nurmantyo dalam akun Instagram-nya.

“Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020. Semoga arwah pahlawan yang telah gugur berada di tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ungkapnya lagi.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD telah memberikan klarifikasi tentang ketidakhadiran Gatot Nurmantyo ini.

Mahfud MD mengatakan, mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, telah menyatakan kesediaan untuk menerima Bintang Mahaputera dari Presiden Jokowi meskipun tidak hadir dalam penganugerahan di Istana Negara, Selasa (10/11).

Mahfud menyebut Gatot tidak hadir karena sejumlah alasan.

“Dalam suratnya Pak Gatot Nurmantyo itu menyatakan menerima pemberian bintang jasa ini tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan, pertama karena ini suasana Covid,”katanya, dalam video yang ditayangkan di You Tube Sekretariat Presiden, Rabu (11/11/2020).

Mahfud MD mengatakan, Presiden Jokowi pada Selasa telah resmi menyerahkan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa kepada sekian banyak orang.

Dari sekian yang dianugerahi Bintang Mahaputera, termasuk Gatot Nurmantyo.

Mahfud mengatakan, karena alasan pandemi Covid-19, penganugerahan digelar dalam dua sesi. Pada bulan 17 Agustus lalu dan pada 10 November ini.

Baca: Gatot Nurmantyo Pilih Tak Terima Bintang Mahaputera

“Ya justru karena suasana Covid disepakati pada bulan Agustus itu dulu dipecah dua ya, yang separuh bulan Agustus, yang separuh sekarang. Sehingga suasana terpenuhi standarnya,” ujar dia.

Meski tak hadir di Istana, kata Mahfud, Gatot tetap akan menerima penghargaan Bintang Mahaputera ini. Penghargaan tersebut akan dikirim lewat Sekretaris Militer.

“Oh iya nanti dikirim lagi melalui Sekretaris Militer, beliau kan mengatakan di sini beliau menyatakan menerima ini, hanya tidak bisa hadir penyematannya,” tutur dia.***

Tinggalkan Balasan