Demokrat Duga Jokowi Pilih Sandiaga Sebagai Kompensasi Ikut Bantu Menangkan Gibran dan Bobby

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno jadi juru kampanye Gibran Rakabuming di Pilwakot Solo.

Jakarta (Riaunews.com) – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Irwan mengatakan pengangkatan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tak terlepas dari kemenangan anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilkada 2020.

Irwan menduga posisi menteri untuk Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu merupakan kompensasi karena ikut memenangkan Gibran Rakabuming Raka di Kota Solo dan Bobby Nasution di Kota Medan.

“Kemungkinan kompensasi politik atas jasa Sandiaga Uno memenangkan anak dan menantu Presiden pada pilkada 2020 yang baru saja selesai,” kata Irwan kepada CNNIndonesia.com, Selasa (22/12/2020).

Irwan menyebut keputusan memilih Sandiaga semakin menguatkan dugaan dukungan rakyat terhadap Sandiaga yang berpasangan dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2019 telah dijadikan alat tawar-menawar politik untuk masuk dalam pemerintahan.

“Terkait pilihan terhadap Sandiaga Uno semakin menguatkan praduga publik bahwa dukungan rakyat terhadap Prabowo-Sandi saat Pilpres 2019 lalu telah dijadikan alat bargaining politik masuk dalam kabinet,” ujarnya.

Meski begitu, anggota DPR dari Fraksi Demokrat itu mengucapkan selamat bertugas kepada enam menteri baru Jokowi. Ia berharap menteri baru Jokowi bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah terjadi dan memberikan semangat baru dalam Kabinet Indonesia Maju.

Irwan juga meminta menteri baru Jokowi lebih bersikap responsif dan sensitif dengan kondisi masyarakat dan bangsa di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Jokowi telah mengumumkan perombakan Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah menteri lama dicopot dan digeser posisinya. Ada pula orang baru yang diangkat untuk membantu kerja-kerja pemerintahan hingga 2024 mendatang.

Mereka semua diperkenalkan di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari ini, Selasa (22/12). Mereka yang diangkat yakni Tri Risma sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Kemudian Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menparekraf, serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: