Liga Champions: Liverpool Melangkah ke-16 Besar Usai Kalahkan Ajax 1-0

Curtis Jones Liverpool
Curtis Jones mencetak gol semata wayang untuk kemenangan Liverpool 1-0 atas Ajax Amsterdam.

Liverpool (Riaunews.com) – Kemenangan tipis 1-0 yang diperoleh Liverpool saat menjamu Ajax Amsterdam pada pertandingan kelima Grup D Liga Champions 2020-2021, cukup untuk membawa mereka melangkah ke fase 16 besar.

Meski laga berlangsung di kandang The Reds, yakni Stadion Anfield, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB, penguasaan bola justru lebih dikuasai Ajax, sedangkan Liverpool lebih mengandalkan serangan balik

Tuan Rumah memulai pertandingan dengan sangat baik. Mereka mendapatkan peluang emas melalui dua tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Curtis Jones. Salah satu tembakan Jones bahkan mengenai tiang gawang Ajax.

Ajax balik menekan Liverpool sehingga jual beli serangan pun terjadi. Akan tetapi, perlahan-lahan permainan lebih didominasi oleh tim tamu. Alhasil, Ajax mampu menciptakan bahaya di kotak penalti Liverpool.

Ajax hampir mencetak gol pada menit ke-32, tetapi tembakan Noussair Mazraoui mampu diantisipasi kiper muda Liverpool, Caoimhin Kelleher, yang turun menggantikan Alisson Becker. Liverpool membalas dengan serangan balik yang sayangnya tidak berbuah hasil.

Liverpool dan Ajax berusaha mencetak gol sebelum babak pertama berakhir, tetapi tidak ada perubahan di papan skor. Kedua tim harus puas membawa skor kacamata ke ruang ganti pemain.

Kembali dari ruang ganti, inisiatif serangan diambil lebih dulu oleh Ajax pada awal babak kedua. Meski begitu, Liverpool mampu bertahan dari serangan Ajax sehingga skor imbang tidak berubah pada 10 menit pertama babak kedua.

Namun, kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk Liverpool saat Curtis Jones mencetak gol. Jones mencetak gol memanfaatkan kesalahan kiper Ajax, Andre Onana, dalam mengantisipasi umpan silang Neco Williams.

Gol Jones membuat tempo pertandingan meningkat. Sebab, Ajax mempercepat aliran bola demi membongkar pertahanan Liverpool. Akan tetapi, pertahanan Liverpool cukup kukuh untuk menggagalkan serangan Ajax.

Ajax berusaha menyamakan kedudukan, tetapi tidak ada upaya mereka yang berbuah gol ke gawang Liverpool. Liverpool pun memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0 sehingga meraih tiket ke babak 16 besar.

Berikut susunan pemain Liverpool vs Ajax:

Liverpool (4-3-3): Caoimhin Kelleher; Neco Williams, Joel Matip, Fabinho, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Curtis Jones; Mohamed Salah, Sadio Mane, Diogo Jota.

Pelatih: Jurgen Klopp

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Perr Schuurs, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Ryan Gravenberch, Edson Alvarez, Davy Klaassen; David Neres, Dusan Tadic, Antony.

Pelatih: Erik Ten Hag

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: