Masuk Pemukiman, Harimau Mangsa Anjing Warga di Danau Kembar

Harimau Sumatera

Solok (Riaunews.com) – Harimau Sumatera yang viral di media sosial karena muncul ke jalan raya di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), dan terekam warga, ternyata juga sempat masuk ke pemukiman dan memangsa anjing peliharaan.

Camat Danau Kembar Eka Putra mengatakan saat ini harimau dalam pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sejak Rabu (2/12/2020) malam. Pengawasan dilakukan bersama masyarakat, Forkompincam, Polsek, Danramil. Hal itu bertujuan agar harimau kembali ke habitatnya.

“Harimau ini sempat masuk perkampungan, dia menerkam 3 hingga 5 ekor anjing warga, kemudian juga makan ayam masyarakat,” katanya, Kamis (3/12/2020).

Eka menyebut hewan itu muncul di daerah Jorong Lurah Ingo Rabu (2/12/2020) dini hari. Harimau tersebut sempat istirahat tidur di tengah jalan beton di jorong tersebut. Menjelang subuh sejumlah masyarakat menyenter harimau itu, tapi bukannya ia pergi, malah mendekat ke rumah warga.

“Dia jalan ke arah cahaya, kemudian malah tidur di depan rumah masyarakat, sehingga masyarakat jadi ketakutan,” katanya.

Kemudian pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB, petugas kepolisian dan kecamatan melakukan bunyi-bunyian di sekitar lokasi. Tindakan tersebut diharapkan bisa mengusir dan harimau kembali ke hutan habitatnya. Polisi juga melakukan tembakan ke udara.

Sebelumnya, Seekor harimau sumatera turun ke jalan raya di Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek, Danau Kembar, Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Video kemunculan seekor harimau tersebut juga viral di media sosial Instagram dan diunggah akun @infopadang_ pada Rabu (2/12/2020). Harimau tersebut sempat menarik perhatian penggunan jalan.

Dalam video tersebut, harimau sumatera itu tampak berjalan dengan santai di pinggir jalan raya, kendaraan juga berhenti saat hewan dilindungi itu muncul. Harimau tersebut bahkan sempat duduk di pinggir jalan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: