Sabtu , Juni 19 2021

Pernah Adu Mulut dengan Fahri Hamzah Mundur, Penyidik Senior KPK Undur Diri

Fahri Hamzah saat beradu mulut dengan petugas KPK.

Jakarta (Riaunews.com) – Penyidik senior Hendri N Christian dikabarkan mundur dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah bekerja selama 15 tahun di lembaga antirasuah itu.

Kabar Christian mundur disampaikan oleh mantan juru bicara KPK, Febri Diansyah, melalui kicauannya di Twitter.

“KPK kembali kehilangan Pegawai terbaik yang mengabdi sebagai penyidik selama 15 tahun sejak 5 Desember 2005. Ia memimpin satuan tugas yang menangani kasus-kasus korupsi besar,” kata Febri pada Rabu (23/12).

“Selamat datang bang Christian. Kita jaga KPK dari luar. #terusbergerak lawan korupsi meskipun berada di luar KPK,” paparnya menambahkan.

Nama Christian sempat menyorot perhatian lantaran pernah beradu mulut dengan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fahri Hamzah, pada 2016 lalu.

Adu mulut terjadi saat Christian dan tim KPK tengah menggeledah ruang kerja tiga anggota DPR di Gedung Nusantara II Kompleks DPR di Senayan, Jakarta.

Penggeledahan dilakukan terkait penangkapan anggota Komisi V Fraksi PDI-P, Damayanti Wisnu Putranti, yang ditangkap KPK karena diduga menerima suap dalam sebuah proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Saat itu, Fahri yang tengah berada di gedung tersebut memprotes keras penggeledahan tersebut. Fahri meminta agar personel Brimob lengkap dengan senjata yang ikut dalam tim KPK meninggalkan gedung DPR.

Di awal karirnya di KPK, Christian masuk ke KPK dengan pangkat Komisaris Polisi (Kompol) sebagai penyidik yang dipekerjakan dari Mabes Polri.

Ia pernah menjabat sebagai Kasatnarkoba Polres Malang sebelum berkarir di KPK.

Christian masuk ke KPK bersama beberapa penyidik senior lainnya termasuk Novel Baswedan. Saat itu, Christian dan Novel memilih mengundurkan diri dari Korps Bhayangkara secara resmi pada 2012 dan menjadi penyidik independen KPK.

Ketua WP KPK Yudi Purnomo mengatakan pihaknya berterima kasih atas pengabdian Christian dalam usaha memberantas korupsi selama ini.

“Pak Christian merupakan sosok pekerja keras, berkepribadian tegas dan menjadi teladan bagi pegawai-pegawai muda di KPK, Serta tidak segan-segan berbagi ilmu dalam mengungkap kasus korupsi,” kata Yudi.

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: