Ustaz Maaher Minta Maaf ke Habib Luthfi, PKB: Proses Hukum Urusan Lain

Ustadz Maaher At-Thuwailibi.
Ustadz Maaher At-Thuwailibi.

Jakarta (Riaunews.com) – Soni Eranata alias Ustaz Maaher At Thuwailibi sembari menangis mengaku ingin meminta maaf langsung kepada Habib Luthfi bin Yahya. PKB pun mengapresiasi tangisan Ustadz Maaher.

“Kami mengapresiasi tangisannya, jika itu tanda pengakuan dari kesalahannya,” kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Ahad (6/12/2020).

Kendati demikian, Jazilul menekankan tangisan dan permintaan maaf itu tak bisa menyudahi proses hukum yang berjalan. Menurutnya, menjalani proses hukum yang ada adalah bentuk tanggung jawab atas perbuatannya.

“Namun sebagai tanda bertanggung jawab adalah menjalani proses dan putusan hukum jika nantinya diputus bersalah,” ujarnya.

“Kita berpegang pada prinsip praduga tak bersalah, belum tentu dia diputus bersalah oleh pengadilan. kita hormati proses hukum yang berjalan meskipun sambil menangis,” sambung Jazilul.

Lebih lanjut, Jazilul meyakini Habib Luthfi akan memaafkan Ustaz Maaher. Namun, kata dia, keberlanjutan kasus tersebut ada di tangan pelapor.

“Habib Lutfi pasti dapat memaafkannya, namun karena kasus ini deliknya aduan, maka tergantung pelapornya mau mencabut laporan atau tetap dilanjutkan,” kata dia.

Sebelumnya, Soni Eranata alias Ustaz Maaher At Thuwailibi mengaku sudah berniat menemui Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan sebelum ditangkap. Dia merasa tidak punya perasaan dengan Habib Luthfi dan amat menghormatinya.

“Demi Allah saya tidak pernah punya niat menghina dan tidak punya masalah dengan Habib Luthfi, beliau ulama besar,” kata Maaher saat ditemui detikcom di Bareskrim, Sabtu petang (5/12/2020).

Dia ingin menabung agar bisa bersama keluarga menemui Habib Luthfi langsung di Pekalongan, Jawa Tengah. Soni alias Maaher tak ingin meminta maaf lewat media sosial untuk menunjukkan kesungguhan hatinya.

Sambil berurai air mata, dia menyatakan ingin meminta maaf dan mencium tangan Habib Luthfi, yang diketahuinya sebagai tokoh Nahdlatul Ulama dan ulama besar yang disegani. Maaher kembali menegaskan dirinya sama sekali tak pernah berniat menghina Habib Luthfi.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: