Pemko Pekanbaru ajukan 1.214 formasi PPPK untuk guru

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas
Pekanbaru(RiauNews.com) – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengajukan 1.214 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru. Hal itu seiring rencana dibukanya 1 juta formasi PPPK guru oleh pemerintah pusat. Senin(18/1).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas mengatakan, formasi yang diajukan adalah untuk guru Sekolah Dasar (SD) dan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Tahun ini kita ajukan untuk guru SD dan SMP. Untuk PPPK guru SD kita mengajukan sebanyak 908 formasi. Sementara untuk PPPK guru SMP diajukan sebanyak 304 formasi, dengan total diajukan 1.214 formasi,” ungkapnya.

Ismardi menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu pemberitahuan resmi terkait berapa formasi yang bakal diterima.

“Pengajuan usulan sudah kita masukkan sejak 10 hari yang lalu ke pemerintah pusat. Jadi kita tunggu berapa yang disetujui,” tambahnya.

Sebagai informasi, diluar rencana perekrutan PPPK tahun 2021. Penerima PPPK yang direkrut tahun 2019 lalu, hingga kini belum juga bekerja dalam status PPPK nya. Untuk Pekanbaru saat itu ada 177 orang yang dinyatakan lulus setelah melalui serangkaian seleksi.

Di Pekanbaru dalam penerimaan PPPK tahap I tahun 2019 lalu, dari 322 orang kuota penerimaan, ada 263 orang mendaftar. Dari jumlah ini, 11 orang dinyatakan tidak lulus verifikasi, sementara 252 orang berlanjut ikut ke tahap seleksi kompetensi. Dari 252 orang tersebut lulus 177 orang.

Para pegawai yang lolos dalam perekrutan PPPK saat ini masih bekerja sebagai tenaga honor K2 dan belum berstatus sebagai PPPK.

Disaat yang sama, untuk penggajian, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru masih menanti arahan pemerintah pusat.

Ini terkait apakah dana yang digunakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau Dana Alokasi Umum (DAU) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Mereka yang lolos ini akan mengisi formasi tenaga guru dan penyuluh pertanian. Namun penempatannya masih belum diketahui. Untuk penggajian, diperkirakan yang akan didapat oleh PPPK berada di kisaran angka Rp3,1 juta. Ini dengan asumsi mereka semua sarjana dengan golongan ruang 3A.

Pewarta : Safrinayanti

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: