Kamis, 28 Maret 2024

3 Rumah Hancur dan Ratusan Warga Terpaksa Mengungsi Akibat Banjir Bandang di Bogor

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
banjir bandang
Banjir bandang menerjang Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/1/2021). (Foto: Detikcom)

Bogor (Riaunews.com) – Sebanyak tiga unit rumah dan satu unit warung hancur usai banjir bandang menerjang Kampung Gunung Mas Blok C dan Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/1/2021).

“Sebanyak 3 unit rumah rusak berat dan 1 unit warung rusak berat. Korban jiwa nihil,” ungkap Manajer Pusdalops PB BPBD Jawa Barat Budi Budiman Wahyu, Rabu (20/1/2021).

Selain itu, lanjut Budi, sebanyak 637 jiwa mengungsi ke sejumlah titik. Budi menyebut, 40 kepala keluarga (KK) atau 180 jiwa mengungsi di 21 pondokan. Kemudian, 2 KK atau 11 jiwa mengungsi ke Cirohani (Samping Argamulya).

Selanjutnya, 8 KK atau 30 jiwa mengungsi ke Rawadulang serta 111 KK atau 416 jiwa mengungsi ke Kampung Pengsiunan.

Adapun banjir bandang di Desa Tugu Selatan terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi sehari sebelumnya dan menimbulkan longsor dengan skala kecil.

“Dan longsoran tersebut membendung aliran sungai yang akhirnya tidak bisa dibendung dan meluap ke pemukiman warga,” kata dia.

Warga yang mengungsi, lanjut Budi, membutuhkan sejumlah peralatan seperti bak penampungan air karena hancur diterjang banjir bandang.

“Warga juga butuh perlengkapan bayi. Sementara logistik ter-cover oleh warga,” ucap Budi.

Adapun banjir saat ini sudah mulai surut. Meski begitu, BPBD Kabupaten Bogor mendirikan posko di Gunung Mas untuk penerimaan logistik dan bantuan lainnya.

Sebelumnya data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap 900 orang mengungsi akibat banjir bandang di Desa Tugu Selatan, Kabupaten Bogor.

Ratusan warga itu diungsikan ke rumah kerabat dan sebagian menempati Wisma PTPN 8 Gunung Mas.

BMKG mencatat dalam tiga hari ke depan, wilayah Kota Bogor dan sekitarnya masih berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *