Fakta Kebakaran SPBU Ababil, Ada Banyak Jeriken Dalam Mobil yang Terbakar

Kebakaran SPBU
Kebakaran SPBU di Jalan Ababil, Sukajadi, Pekanbaru pada Sabtu (2/1/2021) dini hari WIB, diduga dari sebuah mobil Avanza yang sedang melakukan pengisian BBM.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Sebuah fakta baru terungkap dari peristiwa terbakarnya SPBU jalan Ababil Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau, pada Sabtu (2/1/2021) dini hari WIB tadi.

Mobil Avanza BM 1241 SX yang diduga menjadi pemicu terjadinya kebakaran hebat SPBU tersebut ternyata berisi sejumlah jeriken.

“Ada beberapa jeriken di dalam mobil Avanza yang terbakar tersebut. Dari keterangan yang diterima terdapat juga bunyi ledakan sebanyak 3 kali,” kata Kanit Reskrim Polsek Sukajadi Iptu Selamet, Sabtu (2/1/2021), sebagaimana dilansir Cakaplah.

Dalam olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pihak kepolisian di lapangan, terdapat beberapa jeriken dalam mobil Avanza yang dikendarai oleh Muhammad Deni itu.

“Api sulit dipadamkan mungkin dikarenakan ada bahan bakar di dalam jeriken di mobil tersebut. Kasus ini sedang ditangani oleh Satreskrim Polresta Pekanbaru,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya mengatakan, mobil Avanza BM 1241 SX dikemudikan oleh Muhammad Deni itu sedang mengisi BBM jenis Premium.

“Saat nozel POM bensin dimasukkan ke tanki mobil sekitar kurang lebih satu menit, tiba-tiba keluar api dari lubang tanki mobil dan membesar serta membakar kendaraan. Saat melihat adanya api membesar, Muhammad Deni langsung memencet tombol emergency dan mengambil racun api untuk memadamkan api kebakaran tersebut,” kata Nandang, Sabtu (2/1/2021).

Namun setelah racun api digunakan, api semakin besar dan tidak dapat dipadamkan. Lalu Muhammad Deny dan 3 temannya yang berada di mobil tersebut langsung meninggalkan tempat pengisian untuk menyelamatkan diri dari kobaran api.

Atas kejadian tersebut, Muhammad Deny dan rekannya langsung melapor ke Polsek Sukajadi untuk menghubungi mobil pemadam kebakaran. Kebakaran tersebut berhasil dipadamkan dengan 3 unit mobil pemadam selama 30 menit.

“Diduga api berasal dari frekuensi handphone yang berbunyi dari dalam mobil yang sedang melakukan pengisian BBM, sehingga menimbulkan percikan api yang menyebabkan kebakaran,” cakapnya.

“Atas kejadian tersebut api menyambar pengemudi mobil Avanza dan membakar sebagian wajah korban bernama Muhammad Deni dan sempat menyelamatkan diri dan dibawa ke Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru. Selain itu, 4 unit pompa bensin dan bangunannya serta 1 unit mobil Avanza BM 1241 SX ludes terbakar,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: