Kabel LPJU Jembatan Siak I Dicuri, Dishub Akan Lapor ke Polisi

Kabel LPJU dicuri
Kabel LPJU di Jembatan Siak I Pekanbaru digondol maling.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Kabel instalasi lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang berada di sekitar Jembatan Siak I milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru dicuri oleh orang tak dikenal (OTK).

Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso menyebutkan, hilangnya kabel instalasi tersebut diketahui pada Rabu (20/1/2021) pagi, dan ini sudah yang ketiga kalinya.

“Kabel yang digondol maling diantaranya kabel twisted sepanjang 200 meter yang tertanam didalam tanah,” ucap Kadishub melalui Kabid Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana, Adi Lesmana.

Dijelaskannya, hilangnya kabel diketahui saat lampu jalan di lokasi tersebut mati. Ketiga petugas melakukan pengecekan, ternyata kabel sepanjang 200 meter yang tertanam didalam tanah sudah hilang.

“(Kabel yang dicuri) Di jembatan leighton Siak 1, disitu ada lampu jalan kita. Baru lima bulan lalu kabel dilokasi itu pernah hilang dan sudah kita perbaiki, kita ganti kabelnya. Malam tadi lampu itu tidak hidup, kita cek pagi tadi rupanya kabel sudah di curi orang,” ungkap Adi.

Adi menyampaikan, pihaknya akan melaporkan kasus pencurian kabel instalasi LPJU tersebut ke pihak kepolisian.

“Kita akan laporkan ke polisi. Kita siapkan dulu surat kuasanya hari ini, kita laporkan ke polisi Sektor Senapelan,” ujar Adi didampingi M Anshar.

Terkait hilangnya kabel yang teeus berulang, Adi berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga aset yang merupakan bagian dari fasilitas umum.

“Kita mengimbau dan berharap pada masyarakat, untuk fasilitas umum ini jangan dirusak dan jangan dicuri, sama sama kita menjaga. Kalau diharapkan kepada Dinas Perhubungan sendiri untuk menjaga, tentu tidak akan terjaga, karena wilayah Kota Pekanbaru ini luas. Kemudian fasilitas kita pun kurang, armada untuk patroli dan segala macam. Harapan kita kepada masyarakat fasilitas umum ini milik kita bersama, maka marilah kita bersama-sama menjaganya. Lagipun untuk memperbaiki kabel ini juga sulit,” ujar Adi.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: