Pasang Tinggi di Batam, Empat Rumah Rusak Dihantam Tongkang Hanyut

tongkang hanyut
Empat rumah warga Tanjunguma, Batam, rusak ditabrak tongkang yang hanyut dari pelabuhan sekitar. (Foto: Antara)

Batam (Riaunews.com) – Sebanyak empat unit rumah warga Kelurahan Tanjunguma, Kota Batam, Kepulauan Riau rusak ditabrak tongkang yang hanyut dari pelabuhan sekitar.

“Iya benar, rumah rusak, satu rusak berat, tiga rusak ringan,” kata Lurah Tanjunguma Kecamatan Lubuk Baja, Syahril saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Hujan deras disertai angin kencang dan gelombang laut yang tinggi membuat tongkang hanyut dan bergerak ke pemukiman warga yang memang berdiri di atas laut.

Berdasarkan keterangan lurah setempat, warga yang rumahnya rusak sudah dievakuasi ke tetangga di sekitarnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperingatkan pasang tinggi maksimum di pesisir Batam, Kepulauan Riau bisa mencapai tiga meter, hingga Sabtu (2/1/2021) siang.

“Berpotensi terjadi pasang tinggi maksimum di wilayah pesisir Batam,” kata Forecaster BMKG Hang Nadim Fauzan Lathif di Batam seperti dikutip dari Antara.

Fauzan mengungkapkan hingga Sabtu dini hari pukul 01.00 WIB, ketinggian air pasang maksimum 2,6 meter. Pada siang hari, pukul 12.00 WIB, ketinggian air bisa mencapai 3 meter.

“Pasang tinggi maksimum dapat lebih tinggi dari potensial tersebut, mengingat akumulasi curah hujan lebat yang terjadi sejak siang 1 Januari 2021,” kata dia.

***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: