Peringati Sumpah Pemuda, Prodi Pandidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unri Gelar Sejumlah Lomba

Kampus FKIP Universitas Riau.
Kampus FKIP Universitas Riau.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Bulan Bahasa adalah program tahunan yang tak pernah absen dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau (Unri).

Bulan bahasa merupakan wujud apresiasi Sumpah Pemuda yang diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, sekaligus memperingati bahasa Nasional bumi pertiwi, yakni Bahasa Indonesia.

“Apresiasi ini kemudian dibungkus secara lebih variatif dengan menghadirkan bermacam ajang lomba yang dapat diikuti oleh peserta lomba dari berbagai usia. Pandemi Covid19, bukanlah alasan absennya program tahunan ini,” kata Aryo Mardipep, selaku Ketua Pelaksana melalui rilis yang diterima Riaunews.com, Ahad (3/1/2021).

Adapun secara lebih rinci, kategori lomba, dan usianya yaitu sebagai berikut.
1. Lomba tulis puisi dengan tema ” Raungan Negeri Masa Pandemi” dapat diikuti oleh peserta berusia 13-23 tahun.

2. Lomba tulis cerpen dengan tema ” Peran Budaya Sebagai Jati Diri Bangsa di Era Pandemi”, dapat diikuti oleh peserta berusia 13-23 tahun.

3. Lomba tulis esai dengan tema ” Inovasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid19″ dan ” Peran Media Sosial Sebagai Pembentuk Pola Pikir Masyarakat Saat Masa Pandemi Covid19″, dapat diikuti oleh peserta berusia 17-40 tahun, dengan memilih salah satu tema.

Dijelaskan Aryo, kegiatan Bulan Bahasa yang diadakan ditengah pandemi, berlangsung secara online. Hal ini diupayakan untuk memutus mata rantai penularan Covid19.

“Meskipun perlombaan diadakan secara online, partisipasi mahasiswa/mahasiswi sangat antusias. Mereka saling berkontribusi, mencipta maha karya, sebagai bentuk apresiasi peringatan sumpah pemuda, tanpa gentar oleh pandemi,” tambahnya.

Hal ini sebagai wujud kinerja aktif, inovatif, sekaligus pencetus media baru dalam situasi yang menyulitkan dunia. Meskipun demikian, prestasi literasi bukan masalah yang harus dihadapkan pada keadaan.

Untuk para calon peserta, dapat mengirimkan naskahnya puisinya melalui http://bit.ly/LombatulispuisiBBUR2020 dan naskah cerpen ke http://bit.ly/LombatuliscerpenBBUR2020 dengan narahubung Artika Wulandari di 0822-8522-9758, Titi Yustia Siregar di 0822- 8522-9758 dan Army Mulya Kusuma di 0822-6881-9288.

Sementara untuk pendaftaran dan pengiriman berkas sudah dimulai sejak 14 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021. Penilaian oleh juri dilakukan mulai 10 hingga 15 Januari 2021, sedangkan pengumuman pemenang dilakukan pada 17 Januari 2021.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: