Sindir Maklumat Kapolri, Rocky Gerung: Nanti Alfabet F, P dan I Akan Dilarang

Rocky Gerung
Rocky Gerung bersama Hersubeno Arief.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Maklumat yang baru-baru ini dikeluarkan Kapolri Idham Azis mengenai Front Pembela Islam (FPI), mendapat banyak kritik dari sejumlah pihak.

Mulai dari para politikus hingga pihak pers yang merasa ikut terancam karena memberitakan FPI.

Kritik tajam juga datang dari pengamat politik Rocky Gerung.

Melalui kanal Youtube Rocky Gerung Official yang dipantau Riaunews.com pada Sabtu (2/1/2021), Rocky menyindir bahwa pemerintah ingin agar semua kalimat dalam Bahasa Indonesia tidak boleh ada huruf F P dan I.

“Keliatannya, lucunya, rezim ini berupaya untuk memberi perintah agar semua kalimat dalam Bahasa Indonesia tidak boleh ada huruf F, P dan I,” ucapnya yang diwawancarai Hersubeno Arief.

Diberitakan sebelumnya, komunitas pers meminta Kapolri Jenderal Idham Aziz mengevaluasi Maklumat Nomor: Mak/1/I/2021 tentang Kepatuhan terhadap Larangan Kegiatan, Penggunaan Simbol dan Atribut Serta Penghentian Kegiatan Front Pembela Islam (FPI).

Permintaan ini disampaikan, Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Abdul Manan, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S. Depari, Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Hendriana Yadi, Sekjen Pewarta Foto Indonesia (PFI) Hendra Eka, Ketua Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) Kemal E. Gani, dan Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut.

Salah satu isi maklumatnya, tepatnya di Pasal 2d, yang isinya menyatakan: “Masyarakat tidak mengakses, mengunggah, dan menyebarluaskan konten terkait FPI baik melalui website maupun media sosial”.

Menurut komunitas pers, ada empat hal yang disampaikan dalam Maklumat itu, yang salah satunya tidak sejalan dengan semangat demokrasi yang menghormati kebebasan memperoleh informasi dan juga bisa mengancam wartawan dan media yang tugas utamanya adalah mencari informasi dan menyebarluaskannya kepada publik.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: