Senin , Juni 14 2021

Tol Pekanbaru-Rengat Melewati 4 Kabupaten/Kota, Saat Ini Sedang Tahap Pengadaan Tanah

Pembangunan jaringan jalan tol di Provinsi Riau terus digesa.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Pembahasan mengenai pembangunan jalan tol Pekanbaru-Rengat terus dilakukan. Pada Kamis (28/1/2021), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pengadaan tanah pembangunan ruas jalan tol yang akan melewati empat kabupaten/kota tersebut.

Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting saat pimpin rapat tersebut mengatakan, rencana pembangunan jalan tol Rengat-Pekanbaru saat ini masih tahap pengadaan tanah.

“Jalan tol Rengat-Pekanbaru ini nantinya membutuhkan tanah 175 kilometer melewati 41 desa atau kelurahan, 13 kecamatan dan empat kabupaten/kota,” kata Jenri Ginting.

Adapun daerah-daerah yang dilewati yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Pelalawan, dan Indragiri Hulu.

Dalam kesempatan itu, Pemprov Riau juga menerima beberapa masukan dari pemerintah daerah untuk kelancaran pembangunan jalan tol ke depannya.

“Jadi tadi ada beberapa masukan dari kabupaten/kota, ada yang perlu disempurnakan dalam perencanaan pembangunan tol ini. Karena masih ada desa yang belum masuk, belum ada patokan-patokan penentuan dan masih banyak kekurangan yang harus kita benahi supaya pelaksanaan pembebasan lahan dapat berjalan tanpa ada kendala,” ujarnya.

Karenanya, Jenri berharap penyelesaian pembebasan tanah segera bisa diatasi untuk lancarnya pembangunan ruas jalan tol Rengat-Pekanbaru.

“Pembangunan ruas jalan tol ini perlu perhatian kita semua pemerintah kabupaten/kota terkait daerah yang dilaluinya. Karena dengan terwujudnya jalan tol ini dapat mendorong peningkatan pembangunan infrastruktur dan perekonomian masyarakat,” sebutnya.

Ikut hadir dalam rapat tersebut Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul Kasmy, Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau M Taufik OH, Sekretariat Tim Persiapan, instansi yang memerlukan tanah, termasuk camat, kepala desa/lurah yang wilayahnya dilewati jalan Tol Rengat-Pekanbaru. ***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: