Senin , Juni 21 2021

16 Besar Liga Champions: Porto Jinakkan Juventus 2-1

Juventus menelan kekalahan 2-1 atas Porto di leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (18/2/2021) dini hari WIB.

Lisabon (Riaunews.com) – Juventus kalah 1-2 dari FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Dragao, Kamis (18/2/2021) dini hari waktu Indonesia.

Juventus dikejutkan dengan gol cepat Mehdi Taremi pada menit kedua akibat blunder Rodrigo Bentancur. Gol itu bermula dari kiper Wojciech Szczesny yang melakukan operan kepada Bentancur.

Akan tetapi, tanpa melihat Taremi berada di kotak penalti Juventus, Bentancur kembali melakukan backpass kepada Szczesny. Bola blunder itu langsung disontek Taremi menjadi gol.

Juventus mencoba membalas gol Porto lewat serangan dari Federico Chiesa, Weston McKennie, hingga Cristiano Ronaldo.

Hanya saja, belum ada peluang terbaik yang dimiliki Si Nyonya Tua guna mencetak gol balasan. Sejumlah upaya tim tamu itu kerap lebih dahulu patah di pertahanan Porto maupun kiper Marchesin.

Tembakan Chiesa pada menit ke-16 yang membentur pemain lain juga belum tepat sasaran.

Raksasa Liga Italia itu mendominasi permainan dengan penguasaan bola mencapai 69 persen. Akan tetapi, rapat dan solidnya pertahanan Porto membuat Juventus seperti kehilangan akal dalam menciptakan peluang gol.

Aksi megabintang Cristiano Ronaldo yang membahayakan gawang Porto juga tidak banyak terlihat. Pergerakan CR7 kerap dimatikan pemain lawan dengan pelanggaran.

Pada menit ke-42 tendangan salto Andrien Rabiot bisa ditepis Marchesin dan menghasilkan sepak pojok. Akan tetapi, Ronaldo lebih dahulu dianggap offside.

Awal pertandingan tampaknya jadi titik lemah Bianconeri saat melawan Porto. Baru saja babak pertama berjalan satu menit, Porto sukses menggandakan kedudukan melalui Moussa Marega di menit ke-46.

Kelengahan lini pertahanan Juventus jadi penyebab gol Marega. Wilson manafa sukses menembus sisi kiri pertahanan Juventus, lalu memberikan umpan matang kepada Marega yang tidak bisa dihalau duet Matthijs de Ligt dan Merih Demiral.

Tertinggal dua gol, Juventus mencoba memperkecil lewat tendangan Cristiano Ronaldo. Akan tetapi, upaya mantan pemain Manchester United itu pada menit ke-50 bisa diselamatkan kiper Marchesin.

Penyelamatan gemilang dibuat Szczesny dengan menepis tendangan Sergio Oliveira dari dalam kotak penalti pada menit ke-52. Untuk sementara gawang Juventus selamat dari kebobolan tiga gol.

Tendangan Bentancur dari jarak jauh pada menit ke-66 belum juga bisa mengubah kedudukan setelah hanya melayang di atas mistar Maschesin.

Jesus Corona mengancam gawang Juventus pada menit ke-69 lewat tendangan salto, namun masih bisa ditepis Szczesny.

Percobaan gol lain dari Juventus datang melalui Chiesa di menit ke-71. Hanya saja, sepakan kaki kiri Chiesa yang lebih dahulu membentur pemain belakang Porto bisa ditepis Marchesin.

Juventus baru bisa mencetak gol guna memperkecil kedudukan menjelang laga bubar, tepatnya di menit ke-83 melalui Federico Chiesa.

Chiesa sukses memanfaatkan umpan matang Adrien Rabiot. Setelah menerima rekannya tersebut, Chiesa langsung melepaskan tendangan yang bersarang di sisi kanan gawang Agustin Marchesin.

Alvaro Morata membuang peluang emas Si Nyonya Tua untuk menyamakan kedudukan. Setelah satu lawan satu dengan Marchesin, tendangan Morata bisa ditepis kiper Porto itu di menit ke-84. Bola rebound juga gagal dimanfaatkan Ronaldo lantaran gagal melepaskan tembakan dengan baik.

Di menit injury time Ronaldo dijatuhkan Zaidu Sanusi, namun wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran dan penalti untuk Juventus. Hasil akhir menyatakan Porto menang 2-1 atas Juventus.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: