Senin , September 20 2021

Hima Persis Bengkalis Gelar Musda

Para peserta Musda Hima Persis Bengkalis berfoto usai Musda. Istimewa

BENGKALIS (RiauNews.com)-Pergerakakan mahasiswa di kabupaten Bengkalis terlihat semakin dinamis dan progresif. Mereka hadir sebagai penyambung aspirasi rakyat dan pengontrol arah kebijakan pemerintah.

Ahad (07/02/2021) puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) menggelar musyawarah Daerah (Musda) I di Aula Bapeda Kabupaten Bengkalis dengan tema ” Menegaskan Haluan Hima Persis di Negeri Junjungan.”

Dalam sambutan Ketua umum Hima Persis Riau, Firdaus mengatakan “Hadirnya Hima Persis di Bengkalis merupakan satu bentuk gerakan mahasiswa sebagai kaum pembaharu. Maka sebagai kader jangan lupa cita cita Hima persis itu sendiri, yakni bahwa Hima Persis lahir untuk mengisi ruang kekosongan gerakan intelektual dari rahim Jam’iyyah Persatuan Islam. Sehingga Hima Persis harus mampu menangkap isi dan substansi serta ruh perjuangan Persatuan Islam (Persis).

Kemudian, dalam sambutannya Firdaus juga menyampaikan, Hima Persis mesti mengejawantahkan gerakan PERSIS sebagai landasan pergerakannya serta dikawal oleh Al-Qur’an dan Sunnah. Kadernya mesti mengedepankan intelektual dan Profesionalitas serta dalam pengaktulisasi gerakan mesti dikawal oleh Al-Qur’an dan sunnah.

Tidak hanya itu, dalam sambutannya Firdaus dengan tegas mengatakan bahwa Hima Persis mesti ikut andil dalam mengontrol jalannya pemerintah daerah dan berharap terbebas dari praktek KKN serta narkoba. Dua hal ini sangat dominan di kabupaten Bengkalis.

Acara yang berlangsung pada pukul. 08.00 WIB sampai 13.00 WIB dibuka oleh ketua umum Pimpinan Daerah Persatuan Islam Bengkalis (PD Persis). Sopiyan, SAg

Sofyan mengatakan Hima Persis Bengkalis harus menjadi aktor demokrasi yang ada di Kabupaten Bengkalis dengan membangun gerakan yang mengedepankan keintelektualannya.

“Kita harus memberikan kontribusi positif bagi Negara. kemudian kita Persis dibengkalis ini melalui Hima Persis harus menciptakan gerakan literasi agar melahirkan generasi generasi yang kaya akan pemikiran,” ujarnya.

Terakhir, Sopiyan menghimbau Hima Persis untuk bersama-sama berjuang di Bengkalis ini agar terbentuk nya Pesantren Persis, karena sejatinya pengkaderan terbaik itu adalah melalui pendidikan.

Setelah melewati dinamika yang panjang akhirnya M Arif Maulana terpilih menjadi Ketua PD Hima Persis Bengkalis.

Selanjutnya Acara diisi dengan diskusi panel, Sekretaris PW Hima Persis Riau Bang Zim sapaan akrabnya berpesan, Hima Persis Bengkalis harus memgamalkan trias politika yang menjadi fokus gerakan Ulul Albab, dimana Intelektualitas harus di kedepankan agar tercapai kader kader ulama intelektual.

“Maka bagi kita tiada hari tanpa berdiskusi, selanjutnya, transformasi sosial. Misi kedua ini untuk membentuk kader sebagai agen pembaharu, maka bagi kita tiada hari tanpa beroganisasi. Kemudian misi ketiga Hima Persis adalah Perubahan Iklim Politik harus mensejahterakan dan tidak memasung hak hak warga, untuk itu Melakukan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Maka bagi kita Tiada Hari Tanpa Mengabdi,”jelasnya.

Hadir dalam acara pembukaan Musda Persis tersebut dihadiri oleh elemen OKP, Ormawa HMI Bengkalis, PMII Bengkalis, Dema STAIN, GMI BKL, HPMR-B, RBP, SEMA STAIN Bengkalis HIPEMATAN-B, BEM POLBENG, dan para aktivis Bengkalis. Rls

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: