Jusuf Kalla Cium Keanehan ILC Tak Tayang Lagi, Karni Ilyas Tersudut

Presenter ILC, Karni Ilyas.

Jakarta (Riaunews.com) – Jurnalis senior Karni Ilyas akhirnya angkat bicara soal mengapa Indonesia Lawyers Club (ILC) yang tayang di tvOne, tak ada lagi. ILC sendiri merupakan program acara talkshow yang menghadirkan banyak narasumber penting serta memiliki banyak sekali penggemar di Tanah Air.

Dalam ulang tahun tvOne ke-13, Karni Ilyas akhirnya mengungkap alasan mengapa ILC tak lagi tayang. Jawaban itu dia kemukakan usai mendapat pertanyaan dari eks Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Kenapa ILC sudah enggak ada, ngeri-ngeri sedap kayaknya nih pak?” tanya presenter mewakili pertanyaan Jusuf Kalla, dikutip Selasa 16 Februari 2021.

Terkejut mendapat pertanyaan itu, Karni Ilyas langsung menyebut kalau itu merupakan pertanyaan berat baginya. Pertanyaan itu pula, kata dia, yang selalu dihindarkan dalam tiap kesempatan.

“Ribuan orang mempertanyakan hal yang sama. Dan kepada banyak orang itu saya menjawab tidak semua yang saya tahu bisa saya katakan, dan tidak semua yang saya alami bisa saya ceritakan,” kata Karni Ilyas seraya tersenyum.

Mendapat jawaban demikian, JK lantas mengangkat mic-nya. Dia merasa tak puas dengan jawaban yang dikemukakan Karni Ilyas. Sambil menggeleng-gelengkan kepala, JK yang datang bersama sejumlah tokoh penting negeri seperti Mahfud MD, Erick Thohir, Anies Baswedan, dsb, lantas kembali bertanya.

“Tidak puas, berarti ada rahasia di sini,” kata JK.

Mendapat penegasan itu, Karni kemudian mencoba memberi gambaran singkat. Kata dia, dirinya bukanlah pengambil kebijakan kenapa ILC bisa berhenti tayang. Sebab kendati dia merupakan salah satu Pemimpin Redaksi dan Direksi di tvOne, namun keputusan tak bisa diambil seorang diri.

“Gambaran saja mungkin. ILC itu adanya di media formal, media tvOne, dan di sana saya salah satu pemred dan direksi. Tapi di perusahaan itu ada dewan direksi, ada dewan komisaris. Sebagai salah satu direksi, saya tidak bisa ambil keputusan itu sendiri.”

“Kalau saya ingin A, tapi di sana yang lain banyak yang tidak menginginkan A, demokrasinya saya kalah. Di atas direksi ada lagi komisaris, Erick Thohir juga tahu bagaimana struktur di dalam.”

Karni Ilyas sadar, banyak orang yang beranggapan ILC tak lagi tayang karena dirinya takut. Hal itu dia tegaskan salah persepsi. Dia kemudian memilih diam.

Mendapat jawaban itu, JK langsung memberi komentarnya. Menurut dia, agak aneh dengan jawaban yang dikemukakan Karni Ilyas.

Sebab jika iklan yang datang pada acara ILC besar, mengapa komisaris dan direksi tvOne malah menyetopnya.

“Kalau saya komisaris dan direksi tvOne, kalau saya lihat iklannya begitu banyak, berarti kan menguntungkan, masa hal yang menguntungkan ditutup,” tegas JK yang disambut tawa Karni Ilyas.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: