Sabtu , Juni 19 2021

Setelah Durolis, Proyek SPAM Pekanbaru-Kampar Rp 2 triliun Digesa

Pengolahan air bersih di PDAM. (Foto: Viva)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Setelah pembangunan SPAM Durolis (Sistem Persedian Air Minum Dumai Rokan Hilir dan Bengkalis) dengan kapasitas 400 liter per detik selesai, kini Pemerintah Provinsi Riau sedang dibangun SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

“SPAM Pekanbaru-Kampar ini luar biasa, investasinya sampai Rp 2 triliun, sudah Groundbreaking, mudah-mudahan berjalan dengan baik,” ujar Plh Sekdaprov Riau Masrul Kasmy di Pekanbaru, Jumat (19/2/2021).

SPAM Lintas Kota Pekanbaru Kabupaten Kampar akan melayani lebih kurang 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah di 5 kecamatan yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0% di area pelayanan menjadi 55% (greenfields) dengan sumber air baku adalah Sungai Kampar. Standar kualitas air adalah air minum sampai di rumah.

“Insyaallah tahun 2022 akan mengalir ke rumah masyarakat, secara bertahap,” ujar Masrul.

SPAM ini memiliki kapastitas 1.000 liter per detik (pd) antara PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau dimana sumber air baku berasal dari Sungai Kampar.

Kerjasama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara PT PP Tirta Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau melalui Divisi Air nya yang merupakan cikal bakal terbentuknya BUMD Air Provinsi Riau “Investasi ini merupakan investasi mandiri yang seluruh pembiayaannya berasal Capital Expendiiture (Capex) PT PP Tirta Riau dimana kepemilikan sahamnya dipegang oleh Konsorsium PPMV.

PT PP Tirta Riau merupakan Badan Usaha Kerjasama (“BUK”) yang dibentuk oleh Konsorsium PPMV yang terdiri dari PT PP (Persero) Tbk, PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc, dan PT Varsha Zamindo Lestari sebagai pelaksana pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. ***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: