Senin , September 20 2021

Alamak, Cacing Pita Sepanjang 18 Meter Hidup di Usus Pak Tua Ini

Cacing pita.

Bangkok (Riaunews.com) – Jika Anda merasakan sakit perut disertai perut kembung, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Bisa jadi ada gangguan saluran pencernaan, atau mungkin cacing pita sedang berkembang biak di usus Anda.

Kondisi itu dialami seorang pria berusia 67 tahun di Provinsi Nong Khai, Thailand. Pada awal bulan ini, pria yang tidak disebutkan namanya tersebut mengunjungi rumah sakit karena gejala sakit perut dan perut kembung.

Semula, dia tidak menyadari penyakit apa yang dia alami hingga harus mengirimkan sampel tinja ke Pusat Penelitian Penyakit Parasit, di Provinsi Nakhon.

Berdasarkan tes tersebut, diketahui ada zat sisa konsumsi obat cacing Niclosamide, 28 butir telur cacing, dan 18 meter parasit Taenia Saginata yang juga dikenal dengan cacing pita.

“Dia diberi obat cacing sebelum tidur dan di pagi hari cacing pita panjang ini ikut keluar [lewat BAB],” kata seorang juru bicara di Pusat Penelitian Penyakit Parasit, seperti dikutip The Scottish Sun, Jumat (26/3/2021).

Sebagaimana dilansir Thaiger, Kepala Pusat Penelitian Penyakit Parasit, Schawanya Rattanapitoon mengatakan cacing pita biasanya ada dalam daging sapi. Ia menduga pria tersebut sering mengkonsumsi makan daging mentah sehingga cacing pita dalam daging ikut terbawa ke tubuh.

“Kami telah menyarankan agar keluarga pasien ikut menjalani pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui apakah mereka juga memiliki cacing pita, karena mereka juga berisiko,” ujarnya.

“Kami juga memperingatkan mereka agar tidak mengkonsumsi daging mentah karena itu adalah salah satu penyebab utama parasit dalam tubuh,” sambung dia.

Cacing pita ini juga memiliki jangka hidup yang cukup lama. Di dalam tubuh manusia, larva cacing pita dapat hidup hingga 30 tahun. Jika dibiarkan, dapat menimbulkan komplikasi serius dalam tubuh.

Dikutip dari HelloSehat, infeksi cacing pita menyebabkan kerusakan organ dan jaringan. Larva cacing dalam tubuh bisa menyebar dari satu organ ke organ lainnya dan membentuk kista. Kista yang pecah atau bocor dapat menyebabkan alergi, gatal-gatal, hingga kesulitan bernapas.

Sebelum jatuh sakit, sebaiknya lakukan berbagai upaya pencegahan agar terhindar dari cacingan. Caranya cukup mudah yakni dengan menjaga kebersihan tubuh dan makanan.

Selain itu, rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah ke toilet, cuci makanan hingga bersih sebelum dikonsumsi, dan pastikan memasak daging hingga matang untuk membunuh telur atau larva cacing pita.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: