Senin , Agustus 2 2021

Dianggap Ingkar Janji Erick Thohir dan PT Barata Digugat ke Pengadilan

Menteri BUMN Erick Thohir.

Jakarta (Riaunews.com) – Menteri BUMN Erick Thohir digugat ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat atas tuduhan ingkar janji atau wanprestasi. Gugatan diajukan oleh PT Fajar Benua Indopack.

Gugatan terdaftar dengan nomor 168/Pdt.G/2021/PN Jkt.Pst. Selain Erick, perusahaan itu juga menggugat Kementerian BUMN dan PT Barata Indonesia.

Dalam berkas gugatan yang dikutip dari website PN Jakarta Pusat, Fajar Benua Indopack meminta 3 hal kepada pengadilan.

Pertama, menyatakan Erick Thohir, Kementerian BUMN dan PT Barata Indonesia telah melakukan wanprestasi terhadap mereka.

Kedua, meminta pengadilan menyatakan mereka telah melaksanakan kewajiban secara keseluruhan terhadap para tergugat.

Ketiga, menghukum Barata Indonesia untuk memenuhi pelaksanaan kewajiban pembayaran sebesar Rp2.584.144.984,- (dua miliar lima ratus delapan puluh empat juta seratus empat puluh empat ribu sembilan ratus delapan puluh empat Rupiah) kepada mereka yang dibayarkan secara tanggung renteng bersama-sama dengan Erick Thohir dan atau Kementerian BUMN.

Keempat, memerintahkan kepada Erick Thohir dan/atau Kementerian BUMN untuk mematuhi putusan dan mengambil langkah-langkah optimalisasi sepanjang dibutuhkan terkait pelaksanaan pembayaran kewajiban dan penggantian kerugian yang harus dipenuhi oleh Barata Indonesia.

CNNIndonesia.com berupaya meminta tanggapan pada Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga atas gugatan itu. Tapi, ia belum bisa berkomentar banyak karena belum tahu isi gugatan.

“Belum tau kita isinya apa,” katanya singkat.

Hal senada juga disampaikan Dirut PT Barata Indonesia Fajar Harry Sampurno. Ia juga mengaku belum mengetahui ihwal gugat tersebut.

“Belum lihat informasinya, perusahaan apa juga belum tahu. Nanti kami informasikan lebih lanjut,” ucapnya.

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: