Rabu , Juni 16 2021

Meski Sudah 6 Jam Kebakaran, Api Masih Berkobar di Kilang Pertamina Balongan

Kebakaran di kilang minyak Pertamina di Balongan masih belum padam meski sudah berlangsung 6 jam.

Indramayu (Riaunews.com) – Kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan Indramayu belum berhasil dipadamkan. Kobaran api selama lebih dari enam jam masih membumbung sejak kebakaran terjadi sekitar pukul 00.45 WIB dini hari, (29/3).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Pemkab Indramayu Joni Takarasel menyebut upaya pemadaman kebakaran di kilang minyak Balongan, Indramayu, melibatkan total 12 armada dari berbagai instansi.

Menurutnya, 12 armada itu berasal dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi.

“Total 12 mobil,” ucapnya, saat dihubungi Senin (29/3) pagi.

Dia menuturkan api juga masih menyala. “Masih panas banget. api masih menyala, tapi sudah kecil,” katanya.

Ia mulanya menyebut Damkar hanya ring 2 pemadaman kebakaran di fasilitas milik PT Pertamina (Persero) itu. Pasalnya, BUMN tersebut juga memiliki fasilitas pemadaman sendiri.

Namun, level kebakaran yang tinggi membuat pihaknya diizinkan masuk ke area dan membantu pemadaman.

“Sudah diminta masuk sama Pertamina. Kayaknya kewalahan juga,” ucap dia.

Soal penyebab kebakaran, pihaknya enggan berspekulasi lantaran belum bisa melakukan penyelidikan ke pusat api. Meskipun, Joni mengakui saat kebakaran itu bermula hujan-petir tengah berlangsung.

“Belum valid [soal kebakaran dipicu petir]. Orang masih panas banget di lokasi, walaupun api sudah mulai kecil. Kita belum bisa selidiki [penyebabnya],” tutur dia.

Kebakaran itu sendiri sejauh ini membuat empat orang korban luka.

“[Korban] bukan dari Damkar, sepertinya orang Pertamina,” tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3) dini hari. Api berkobar hebat bahkan terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

Dikutip dari situs Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utama di kilang yang mulai beroperasi pada 1994 ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: