Jumat, 29 Maret 2024

Puan Ingin Istiqlal Lebih Terbuka Bagi Non-muslim

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Masjid Istiqlal Jakarta. (Foto: myeatandtravel)

Jakarta (Riaunews.com) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani berharap setelah selesai direnovasi, Masjid Istiqlal bisa semakin menjadi pusat kajian dan dakwah Islam, serta pusat religi umat Muslim di seluruh dunia.

Puan juga menginginkan Masjid Istiqlal bisa menjadi wajah bagi umat non-Muslim mempelajari Islam Indonesia yang moderat dan cinta toleransi serta perdamaian.

“Datang ke Indonesia, datang ke Jakarta, semuanya harus datang juga ke Masjid Istiqlal. Kita tunjukkan umat Muslim Indonesia adalah Muslim yang toleran dengan seluruh umat beragama,” kata Puan saat memberi sambutan di acara Gerakan Nasional Mengisi Masjid dengan 1 Juta Sajadah di Jakarta pada Kamis (11/3/2021).

“Tidak hanya umat Muslim saja yang boleh datang ke Istiqlal. Semua umat beragama harus boleh datang ke istiqlal untuk melihat bahwa Indonesia punya masjid Indah dan terisi dengan kajian Islam yang moderat,” tambah mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

Terkait acara, Puan menyambut baik gerakan pemberian satu juta sajadah untuk 27 ribu masjid di seluruh Indonesia. Jutaan sajadah itu diberikan sebagai pengganti karpet di masa pandemi covid-19.

Meski mendukung gerakan pemberian satu juta sajadah, dalam kesempatan itu Puan kembali mengimbau masyarakat agar selama pandemi corona mereka bisa sementara waktu membatasi diri beribadah di rumah ibadah.

Ia berharap dengan program vaksinasi yang telah dijalankan pemerintah, pandemi bisa berlalu dalam waktu tidak terlalu lama lagi sehingga seluruh masyarakat bisa kembali menjalani kehidupan normal baru, termasuk beribadah ke masjid maupun rumah ibadah lain.

“Sudah setahun sejak pandemi covid-19, kerinduan untuk hadir di masjid harus ditahan dan dibatasi karena lebih baik menjaga kesehatan dan keselamatan terlebih dahulu daripada paksakan diri berkerumun walaupun itu adalah ibadah,” ujarnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *