Selasa , Juni 15 2021

Rambu Pemberhentian Angkutan Umum Dipasang di Jalan Pinggiran Pekanbaru, Apa Tujuannya?

Rambu pemberhentian bus umum yang dipasang Dishub Pekanbaru di Jalan Swakarya, Panam, Pekanbaru. (Foto: Ilva Yulfianto/Riaunews.com)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Sejumlah rambu yang menandakan tempat pemberhentian angkutan umum terpasang di sejumlah jalan di pinggiran Kota Pekanbaru.

Pantauan Riaunews.com, rambu berwarna biru bergambar bus tersebut dipasang di Jalan Swakarta, Jalan Saiyo, Jalan Sukakarya dan jalan-jalan kecil lainnya di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Madani.

Masyarakat setempat pun bertanya-tanya, apa tujuan pemasangan rambu ini. Karena jangankan bus, angkutan kota berupa oplet pun tak masuk ke jalan tersebut.

Saat dikonfirmasi pada pihak yang punya pekerjaan, yakni Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, ternyata rambu tersebut dimaksudkan untuk mendukung program angkutan feeder Transmetro yang telah diwacanakan Pemko beberapa tahun terakhir.

“Rencana untuk feeder,” ucap Kadishub Yuliarso.

Dijelaskan, feeder ini adalah angkutan yang menghubungkan masyarakat yang tinggal di daerah pemukiman ke bus Transmetro Pekanbaru (TMP) yang biasanya hanya melewati jalan-jalan protokol.

Namun kegiatan tersebut masih dalam proses, dan pemasangan rambu adalah salah satu persiapan.

“Masih dalam proses unit dan mekanisme pendanaan. Jadi kita masih persiapan,” jelasnya.

Yuliarso menyebut, direncanakan tahun ini feeder tersebut sudah berjalan, sehingga warga yang hendak menggunakan bus TMP dari perumahannya bisa bepergian dengan mudah.

“Hal ini diharapkan membantu mengurai kepadatan lalu lintas serta mengurangi subsidi ke TMP,” pungkasnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: