Senin , September 20 2021

Baru Dua Hari, Donasi Pembelian Kapal Selam oleh Takmir Jogokariyan Sudah Capai Rp800 Juta

Donasi pembelian kapal selam untuk TNI AL yang diinisiasi Masjid Jogokariyan, Yogyakarta.

Yogyakarta (Riaunews.com) – Penggalangan dana untuk pembelian kapal selam yang diinisiasi Himpunan anak-anak masjid (Hamas Jogokariyan) dan Takmir masjid telah menghimpun dana tak kurang dari Rp800 juta. Sumbangan dari masyarakat terus berdatangan melalui rekening dari panitia.

“Pagi ini atau hari kedua ini sudah sekitar Rp800 juta,” kata Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, M Jazir ASP ketika dikonfirmasi melalui selulernya, Rabu (28/4/2021).

Melihat antusiasi yang tinggi, takmir masjid akan segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial, Otoritas Jasa keuangan (OJK) dan juga dengan akuntan publik. Harapannya dana yang ada nantinya bisa diaudit.

“Dana itu seratus persen untuk membeli kapal selam. Untuk biaya operasional dan administrasi ada dana lain yang bisa kami pakai,” katanya.

M Jazir tidak menyangka apa yang mereka lakukan akan menuai reaksi positif dari masyarakat. Dia tidak menyangka akan menapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia. Tidak hanya yang tinggal di dalam negeri, banyak TKW yang juga mendonasikan uang untuk pembelian kapal selam menggantikan KRI Nanggala 402.

“Kemarin ada TKW dari Hongkong dan Taiwan telpon mau transfer dan saya sarankan dalam bentuk rupiah,” katanya.

Dari sekitar Rp800 juta ini, dinasi yang diberikan masyarakat tidak ada yang besar. Nilainya antara Rp100.000 sampai Rp5 juta. Berapapun nilainya masyarakat bisa mentransfer ke rekening yang dibuat khusus oleh panitia.

“Kemarin ada pengusaha dari Tapanuli akan menyumbang satu persen penghasilan tambang emasnya. Karena besar saya sarankan koordinasi ke TNI Angkatan Laut saja,” katanya.

Aksi penggalangan dana pembelian kapal selam ini merupakan ide anak-anak masjid. Usai subuh mereka banyak membicarakan masalah KRI Nanggala yang tenggelam. Mereka tergerak hatinya untuk menggalang dana membantu keluarga korban.

Saat itu ada yang menyeletuk kenapa dana tidak untuk membeli kapal selam pengganti. Sejak saat itulah mereka melakukan pengalangan dana di Pasar Ramadan yang ada di Masjid Jogokariyan setiap sore dan diserahkan ke Lanal Yogyakarta pada Senin (26/4/2021).

Sepulang dari penyerahan ini, banyak masyarakat telpon akan mendonasikan. Dari situlah akhirnya takmir berembug untuk membuat rekening khusus pembelian kapal.

“Harga kapal selam sekelas Nanggala 402 yang diproduksi PT PAL sekitar Rp1,5 triliun,” kata Jazir.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: