Sabtu , Juli 31 2021

Jual Tol Medan-Tebing Tinggi, Waskita Disebut Untung Rp 367 Miliar

Gerbang tol Medan-Tebing Tinggi di Tebing Tinggi.

Jakarta (Riaunews.com) – PT Waskita Karya (Perseo) Tbk mendapat untung sekitar Rp 367 miliar dari penjualan tol ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Waskita sendiri melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) menjual 30% saham di PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) dengan nilai transaksi Rp 824 miliar kepada perusahaan Hong Kong, Kings Ring Ltd.

JMKT sendiri merupakan badan usaha jalan tol pemegang konsesi dari ruas tol tersebut.

“Kings Ring membeli dengan harga jual Rp 824 miliar, jadi Waskita itu untung mencapai Rp 367 miliar,” kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada media, Jumat (23/4/2021).

Arya menjelaskan, Kings Ring merupakan perusahaan yang juga pernah membeli ruas tol Waskita. Lebih lanjut, Arya mengatakan, Waskita menggenggam 30% dari total ekuitas senilai Rp 1,4 triliun.

“Porsinya Waskita itu mencapai 30% atau Rp 423 miliar kalau ditambah biaya akuisisi dan sebagainya bagian dari Waskita Rp 457 miliar,” katanya.

Dia mengatakan, dengan nilai jual sebesar Rp 824 miliar dan nilai yang dimiliki Waskita sekitar Rp 457 miliar, maka ada selisih yang menjadi keuntungan mencapai Rp 367 miliar lebih.

“Dan jelas keuntungannya bisa mencapai Rp 367 miliar keuntungan dari Waskita ketika terjadi jual beli saham khususnya untuk tol yang ada di Medan itu,” tambahnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: