Selasa , Mei 18 2021

Polisi Akan Lakukan Penyekatan Pada Tahap Pra Mudik di Riau

Seperti halnya pada 2020, pemerintah kembali melarang masyarakat untuk mudik pada lebaran 2021 ini.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Wakil Direktur (Wadir) Lantas Polda Riau AKBP Donni Eka Syahputra menyampaikan, mulai tanggal 20 April-5 Mei mendatang merupakan tahap pra mudik atau tahap masa pengetatan mudik di setiap perbatasan yang telah dilakukan penyekatan kendaraan.

Saat penyekatan kendaraan diperbatasan, nantinya para pemudik akan dilakukan pemeriksaan surat keterangan rapid test antigen maka kendaraan diperbolehkan lewat. Namun ia mengatakan, jika ada pemudik yang tidak memiliki surat keterangan rapid test antigen tersebut maka harus memutar balik kendaraannya.

Selain pemeriksaan surat keterangan tersebut, pada tahapan pra mudik ini juga dilakukan sosialisasi terkait peniadaan mudik yang akan dilaksanakan pada tanggal 6-17 Mei mendatang.

“Saat ini kami sudah melakukan sosialisasi kepada stakeholder yang berkaitan dengan arus transportasi,” katanya saat menjadi narasumber pada Program Dialog Riau Cemerlang dengan tema ‘Larangan Mudik’, di Studio 2 TVRI Stasiun Riau, Jalan Durian Nomor 24 Labuh Baru Pekanbaru, Kamis (29/04/21).

Ia mengungkapkan, kemarin (Rabu, 28/4/2021) pihak dari Ditlantas bersama Karo Ops Riau telah melakukan titik koordinasi dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) juga melibatkan Lembaga Adat Melayu (LAM) dan lainnya agar dapat bersinergi untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Riau terkait larangan mudik ini.

“Sosialisasi ini diharapkan nantinya tidak terjadi perselisihan antara pengemudi dengan petugas di pos penyekatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa saat ini alur lintas di beberapa titik perbatasan belum terjadi lonjakan aktivitas. Namun, pihaknya mengatakan penjagaan akan tetap dilakukan selama 24 jam. Penjagaan ini juga bukan hanya pada dilakukan pada titik-titik perbatasan di jalan lintas Sumatera, namun juga dilakukannya penjaga di jalan-jalan alternatif di wilayah perbatasan tersebut.

“Belum melonjaknya aktivitas mudik tidak akan membuat kami kendor, karena bisa aja mereka (pemudik) mencari celah disaat kami lengah,” pungkasnya.***

Sumber: Media Center Riau

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: