Minggu , Juni 20 2021

Profil Aa Umbara, Dari PDIP Loncat ke NasDem, Kini Ditahan KPK

Aa Umbara Sutisna
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna jadi tersangka kasus korupsi bansos.

Jakarta (Riaunews.com) – Kabar tak sedap datang dari Kabupaten Bandung Barat (KBB). Berikut profil Bupati Aa Umbara Sutisna yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19.

Pria kelahiran Lembang, Bandung Barat 7 Februari 1963 yang tinggal Kampung Sukajadi RT/RW 003/002, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, KBB itu, kini telah ditahan di Rutan KPK, Jakarta.

Dihimpun dari berbagai sumber, Aa Umbara menempuh pendidikan SD Cikahuripan 1 Lembang tahun 1976. Kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Lembang pada 1980. Dia mengikuti SMA Paket C, PKBM Kuncup Mekar, Lembang pada 2008. Aa Umbara meraih gelar sarjana Ilmu Pemerintah dari Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) pada 2013.

Informasi menyebutkan, Aa Umbara Sutisna memiliki berbagai usaha, di antaranya komidi putar atau carrousel. Dia juga memiliki perusahaan susu sapi perah Lambada di Lembang.

Karier politik Aa Umbara yang dilantik sebagai Bupati Bandung Barat bersama Wakil Bupati Hengky Kurniawan pada 20 September 2018 itu, cukup cemerlang.

Aa Umbara mengawalinya sebagai kader sebuah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bandung. Kemudian menjabat sebagai Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bandung periode 2004-2009.

Setelah KBB berpisah dari Kabupaten Bandung, Aa Umbara menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD KBB dua periode 2009-2014 dan 2014-2018.

Setelah itu, Aa Umbara maju mencalonkan diri sebagai Bupati Bandung Barat berpasangan dengan Hengky Kurniawan di Pilkada KBB 2018. Pasangan Umbara-Hengky diusung oleh Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasional Demokrat (Nasdem).

Setelah dinyatakan sah memenangkan Pilkada KBB, Aa Umbara dan Hengky dilantik dan diambil sumpah jabatan pada 20 September 2018 di Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Pada 2018, seusai terpilih di Pilkada KBB, Aa Umbara, suami dari Yuyun Nuningsih ini, pindah partai. Dia memilih berlabuh ke Partai Nasional Demokrat (Nasdem).***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: