Senin , Juni 21 2021

Beredar Postingan Jokowi Makan Sate Babi Panggang, Ini Faktanya

Jokowi makan sate

Jakarta (Riaunews.com) – Beredar di Facebook foto Joko Widodo yang tengah menyantap sate. Dalam foto tersebut nampak juga babi yang sedang dipanggang. Postingan yang diunggah oleh Mastom terdapat narasi yang mengklaim bahwa Jokowi sedang menyantap sate daging babi.

“Sebuah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) viral di media sosial. Kali ini, adalah foto Jokowi yang kedapatan tengah makan daging babi panggang. Dalam foto tersebut, tampak Jokowi memakai baju kotak-kotak, tengah menyantap sate.” demikian narasinya.

Penjelasan

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah ditelusuri ditemukan foto asli pada situs hipwee.com. Dalam situs tersebut nampak Jokowi sedang menyantap sate namun dalam foto tersebut tidak ditemukan gambar daging babi seperti foto yang ada di postingan Facebook.

Postingan Facebook gambar Jokowi yang diklaim sedang menyantab sate babi merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Berdasar pada referensi, foto pada postingan tersebut diketahui merupakan hasil suntingan dan masuk ke dalam hoaks dengan kategori manipulated content atau konten menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta), foto tersebut merupakan suntingan. Faktanya pada foto asli tidak ditemukan potongan daging babi yang sedang dipanggang dan foto dalam postingan Facebook merupakan hoaks lama yang kembali beredar.***

Sumber: Viva

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: