Senin , Juni 21 2021

Gegara Jokowi, Bipang jadi Trending Topic

Bipang alias babi panggang Ambawang.

Jakarta (Riaunews.com) – Bipang Ambawang, kuliner khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari babi, saat ini menjadi populer dibicarakan di jagad media sosial, terutama Twitter.

Penyebabnya apa lagi kalau bukan ‘endorse’ dari Presiden Joko Widodo.

Hingga berita ini ditulis pada Sabtu (8/5/2021) pukul 10.15 WIB, setidaknya sudah 10,7 ribu cuitan yang terkait dengan Bipang.

Tidak sedikit anggota masyarakat yang menyesalkan pernyataan Jokowi mengenai Bipang yang merupakan kuliner babi panggang itu.

“Merayakan Hari Raya Kemenangan Umat Islam (Lebaran) dengan menyajikan hidangan menu BIPANG Babi Panggang Ambawang. Kui Islam cap opo Pak kalau boleh tahu?” tulis pemilik akun Twitter @yo2thok.

“Lebaran ngendorse babi panggang. Kacau yang bikin scriptnya,” tulis @panca66.

“Mungkin bagian dr Test Wawasan Kebangsaan? Siapa yg tidak pesan online Bipang, dianggap radikal radikul dan intoleran. Iya Gak Sih?” tulis @DonAdam68.

Pemilik akun @_burnce mengunggah foto kepala babi panggang sambil menuliskan pesan, “Ini BIPANG. Sesuai arahan pesan onlen Bapak.”

Dalam video yang diunggah netizen dari KompasTV, Jokowi mencoba untuk mensugesti masyarakat yang merayakan Lebaran dan ingin merayakannya di kampung halaman. Katanya, kerinduan pada makanan khas daerah dapat dilakukan dengan memesan makanan tersebut secara online.

“Bagi saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah, atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan Gudeg Jogja, Bandeng Semarang, Siomay Bandung, Pempek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah,” ujar Jokowi.

Diketahui, Bipang Ambawang adalah kuliner terkenal dan andalan dari Kecamatan Ambawang di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kuliner ini menyajikan babi yang dipanggang sedemikian rupa sehingga menghasilkan tekstur daging yang khas dan kering.

Babi yang dipanggang untuk bipang Ambawang ini biasanya adalah babi muda yang usianya antara 3 sampai 9 bulan.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: