Sabtu , Juni 19 2021

Imigrasi: 85 WN China ke RI Buat Proyek Stranas Jokowi

Sebanyak 85 WNA China masuk Indonesia dengan alasan pekerjaan di saat pemerintah melarang masyarakat melakukan mudik lebaran.

Jakarta (Riaunews.com) – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI menyebut 85 orang warga China yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (4/5) akan bekerja untuk proyek strategis nasional pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Selain itu, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Jhoni Ginting memastikan puluhan WN China tersebut telah memenuhi syarat masuk Indonesia selama pandemi Covid-19.

“Terkait kedatangan WNA ke Indonesia, kami sampaikan bahwa mereka yang datang telah memperoleh rekomendasi dari instansi terkait dan akan bekerja di proyek strategis nasional, bukan untuk tujuan wisata,” kata Jhoni lewat keterangan tertulis, Jumat (7/5).

Jhoni menegaskan pemerintah tak sembarangan memperbolehkan masuk warga negara asing. Dia menjamin 85 orang asal China masuk ke Indonesia usai memenuhi syarat imigrasi dan aturan khusus selama pandemi.

Dia menyebut kedatangan para warga negara China telah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Mereka juga disebut memenuhi syarat dalam Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Jhoni menyampaikan warga negara China itu telah melalui pemeriksaan kesehatan sesampainya di Indonesia. Setelah itu, mereka menjalani pemeriksaan seluruh dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian.

“Petugas Imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para WNA tidak lulus pemeriksaan kesehatan oleh petugas,” ujar Jhoni.

Sebelumnya, 85 orang warga negara China masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Selasa (4/5), menggunakan pesawat sewaan. Kedatangan mereka jadi pertanyaan publik karena pemerintah menerapkan larangan masuk bagi warga negara asing karena alasan pandemi Covid-19.

Usai pemeriksaan kesehatan, dua orang di antara mereka positif Covid-19. Keduanya adalah pria berinisial HLY (66) dan pria berinisial HJJ (31).

Sumber: CNN Indonesia

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: