Senin , Juni 21 2021

Polisi Segera Terbitkan Izin Liga 1

Jakarta (Riaunews.com) – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan izin Liga 1 musim 2021/2022 telah diterbitkan.

Kapolri menegaskan seluruh strata kompetisi musim 2021/2022 yang telah dirumuskan dalam Kongres Tahunan PSSI, akhir pekan lalu, diizinkan digulirkan.

Namun, rekomendasi izin keramaian ini akan dievaluasi sambil berjalannya kompetisi. Jika ada pelanggaran protokol kesehatan, Polri akan mengevaluasi izin yang telah dikeluarkan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kapolri saat memberikan surat rekomendasi keramaian kompetisi untuk PSSI yang diberikan kepada Menpora Zainudin Amali di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Senin (31/5/2021) sore.

“Kami putuskan dengan beberapa catatan bahwa keselamatan manusia adalah hukum tertinggi dan harus selalu ditegakkan. Dari hasil diskusi kami memutuskan untuk memberikan izin keramaian dengan catatan tetap laksanakan prokes [protokol kesehatan] secara ketat,” kata Listyo.

“Demikian, kegiatan akan kami evaluasi sehingga prokes akan berpengaruh dalam liga,” ujar Listyo menambahkan.

Salah satu hal yang disinggung Kapolri adalah keramaian suporter. Listyo tak ingin ada kejadian seperti final Piala Menpora 2021, di mana suporter di Jakarta dan Bandung membuat keramaian di tempat umum usai pertandingan final.

Jika hal semacam itu terulang kembali, Kapolri tak segan untuk menunda pelaksanaan kompetisi. Apalagi, jika dalam beberapa waktu ke depan tingkat kasus Covid-19 meninggi.

“Saya kira imbauan kami sama sebagaimana beberapa waktu lalu kalau kita mencintai tim kesayangan bermain kita harap suporter mendukung sama-sama menjaga prokes karena pelanggaran hal itu berdampak pada tim kesayangan kita,” ucap Listyo.

Pada fase awal kompetisi musim ini Kapolri memutuskan untuk digelar tanpa penonton. Namun, nantinya status ini akan ditinjau ulang berdasarkan fluktuasi kasus Covid-19 di seluruh Indonesia.

“Mulai Juli kita lihat angka Covid-19 perkembangannya, karena kita baru saja hadapi arus balik sehingga kita pantau, kalau angka bisa dikendalikan tentunya akan kita lihat. Apakah ada kelonggaran? Kita lihat nanti,” ujar Listyo.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menjelaskan kehadirannya ke Mabes Polri dan menerima surat rekomendasi izin keramaian kompetisi.

“Kedatangan saya ke Mabes Polri dalam rangka meneruskan permohonan izin kompetisi Liga 1 dan 2 untuk musim 2021-2022. Sebelum pengajuan permohonan izin ke Mabes Polri kami mengadakan rakor yang dihadiri PSSI, PT LIB, Kemenkes, Satgas Covid-19, dan BNPB,” kata Zainudin Amali.

“Kami sudah mendengarkan pemaparan dari PSSI dan pengelola PT LIB tentang pelaksanaan kegiatan yang akan berlangsung tahun 2021-2022. Direncanakan dimulai pada 10 Juli 2021 berakhir Maret 2022. Hal lain yang kami minta penerapan prokes,” ujarnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: