Rabu , Oktober 20 2021

Terungkap, Kepala BNPT Akui Terlibat dalam Profiling Pegawai KPK

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Jakarta (Riaunews.com) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengakui pihaknya ikut terlibat dalam tes wawasan kebangsaan (TWK).

Tes adalah bagian dari rangkaian proses alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah koordinasi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Berkaitan dengan BNPT dalam kegiatan TWK yang dilakukan oleh BKN, jadi Badan Kepegawaian Negara meminta surat kepada BNPT untuk membantu kegiatan profiling tes CPNS dan kami menugaskan unit kerja kami untuk melakukan profiling,” kata Boy saat menjawab pertanyaan dari Anggota Komisi III DPR terkait dengan TWK dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Menurut Perwira Tinggi Polri ini, karena jumlah orang yang dites lebih dari 1.000 orang, waktu itu ada diskusi yang ternyata tidak hanya melibatkan BNPT untuk profiling. Kemudian, BNPT menugaskan pejabat setingkat eselon 3 untuk membantu profiling dalam tim BKN.

“Kemudian juga ada petugas kami di tingkat Eselon 3 yang maaf tidak kami sebutkan namanya, untuk bersama-sama dengan Tim BKN. Jadi, kami bersama dengan BKN untuk berkoordinasi terkait hal ini,” ungkapnya.

75 Pegawai KPK Tidak Lolos TWK Lapor ke Ombudsman RI Atas Dugaan Maladministrasi, Selengkapnya di iNews Room Kamis Pukul 18.00 WIB

Boy menegaskan, berkaitan dengan siapa yang lulus atau tidak lulus, ada mekanisme yang diterapkan oleh BKN selaku penyelenggara tes. Yang jelas, pihaknya hanya membantu profiling dan menjadi assessor. “Jadi benar kami diminta pertama untuk membantu profiling,” kata Boy.

“Kedua dalam tahapan-tahapan tes CPNS yang berjalan, ada personel kami yang tergabung di bawah koordinasi Tim CPNS di bawah koordinasi BKN dalam hal ini sebagai assessor. Demikian yang saya hormati Habib Aboe Bakar,” katanya.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Aboe Bakar Al Habsyi menanyakan keterlibatan BNPT dalam TWK pegawai KPK. Bendahara DPP PKS ini juga mempertanyakan, sejauh mana keterlibatan BNPT dalam TWK itu.

“BNPT disebut sebagai satu pihak yang dilibatkan dalam tes wawasan kebangsaan yang dilaksanakan untuk Pegawai KPK. Apa ini benar Mas Boy? Lantas apa peran yang dilakukan BNPT, apakah membantu materi pada TWK tersebut atau BNPT dilibatkan sebagai tim assessor,” tanya Aboe dalam RDP.***

 

Sumber: Sindonews

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: