Senin , Juni 21 2021

BBKSDA Riau Benarkan Ada Seekor Harimau Masuki Pemukiman Warga Siak

Harimau tertangkap camera trap.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Beredar video yang memperlihatkan seekor harimau memasuki permukiman warga di kawasan Siak. Bukan hanya terlihat di pekarangan rumah warga, satwa dilindungi bernama latin Panthera Tigris Sumatrae itu juga memangsa seekor ayam milik warga.

Saat dikonfirmasi Kepala Balai BKSDA Riau, Suharyono membenarkan adanya peristiwa tersebut. Namun hal itu terjadi pada Maret dan informasi diterima pihaknya pada awal April 2021 lalu.

“Sekitar tanggal 5 April lalu kita mendapatkan video tersebut dari pihak manajemen perusahaan perkebunan PT Triomas,” katanya, Rabu (9/6/2021).

Terangnya, kucing besar itu muncul di Kampung Teluk Lanud, Sungai Apit, Siak. Video itu sendiri diambil oleh karyawan kebun yang ada di mess pekerja.

“Hasil pengecekan lokasi, harimau itu diperkirakan berusia remaja dengan jenis kelamin jantan. Dilihat dari video harimau tersebut sedang belajar berburu mangsa,” bebernya.

Haryono mengaku menerima dua video yang berbeda di lokasi yang sama. Video pertama pada siang hari dan video kedua menunjukkan kondisi malam hari.

Menurutnya, lokasi munculnya hewan buas dilindungi itu masuk dalam lanskap Semenanjung Kampar. Dimana lokasi itu memang merupakan habitat harimau Sumatera.

“Saat itu kita sudah lakukan komunikasi dan bimbingan teknis terhadap perusahaan. Kemudian pihak perusahaan juga berkomitmen untuk memantau lokasi menggunakan kamera trap. Hingga saat ini belum terlihat lagi kemunculan harimau di lokasi itu sejak beberapa waktu lalu,” tandasnya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: